Ajak Warga Peduli Lingkungan, Pemprov Galakan Gerakan 11 September
Kamis, 10 September 2020
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Ajak Warga Peduli Lingkungan, Pemprov Galakan Gerakan 11 September

Ambon, Pelita Maluku.com - Pemerintah Provinsi Maluku menggalakan Gerakan 11 September guna mengajak masyarakat peduli terhadap lingkungan sekitarnya. 

Gerakan Sebelas September dilaksanakan secara serentak di 11 Kabupaten/Kota di Maluku, dengan  mengusung tema, “Kalesang Negeri, Lingkungan Bersih, Masyarakat Sehat” pada esok hari, Jumat (11/09/2020). 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Maluku, Muhammad Marasabessy, mengatakan, Gerakan Sebelas September yang bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Gubernur Maluku Murad Ismail bertujuan untuk menanamkan rasa kesadaran masyarakat agar turut peduli pada lingkungan hidup di sekitarnya. 

Kegiatan tersebut meliputi aksi bersih-bersih lingkungan yang dilakukan setiap instansi masing-masing, baik sekolah, perguruan tinggi, kantor pemerintah maupun swasta, dengan melibatkan masyarakat di lingkungan sekitar. 

“Kegiatan ini akan dimulai sekitar pukul delapan pagi secara serentak dengan tetap memperhatikan Protokol Covid-19,” jelasnya.

Sebelumnya, kata Marasabessy, Gubernur Maluku Murad Ismail melalui surat edarannya, mengajak partisipasi masyarakat untuk turut terlibat dalam Gerakan 11 September, melalui aksi pembersihan lingkungan di desa dan kelurahan hingga lingkungan RT dan RW dengan melibatkan peran serta tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, hingga ibu rumah tangga dan seluruh lapisan masyarakat.

Sebagaimana pesan Gubernur Murad setiap saat, kata Marasabessy, tugas Kepala Daerah itu ada dua plus satu, yakni satu mengentaskan kemiskinan, kedua mensejahterahkan masyarakat, dan plus satu adalah kepala daerah harus dapat menjaga dan mempertahankan sumberdaya alam agar dapat dimanfaatkan oleh generasi sekarang dan generasi yang akan datang.

“Pesan Pak Gubernur ini mengisyaratkan kepada kita semua bahwa tujuan dari pembangunan itu harus mempertimbangkan pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan hidup. Proses pembangunan berkelanjutan ini bertumpu pada tiga faktor, yakni kondisi sumberdaya alam, kualitas lingkungan, serta kesadaran masyarakat,” jelasnya.

Untuk itu, lanjut dia, Gerakan 11 September ini diharapkan sebagai menjadi pemicu, agar setiap hari kesadaran akan pentingnya lingkungan hidup itu ada dan membudaya di masyarakat (PM.007)  


Komentar

Belum Ada Komentar