Akibat Cuaca Ekstrim, 1 Unit Rumah dan Talud Penahan Ombak di Desa Meyado Das Ambruk
Sabtu, 03 April 2021
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Akibat Cuaca Ekstrim, 1 Unit Rumah dan Talud Penahan Ombak di Desa Meyado Das Ambruk

Saumlaki, Pelita Maluku.com - Sedikitnya 1 rumah milik warga dan talud penahan ombak di Desa Meyano Das, Kecamatan Kormomolin, Kabupaten Kepulauan Tanimbar Ambruk.

Ambruknya rumah milik Paulus Fatlolon dan Anastasia ini, akibat dari kondisi ekstrim yang melanda Kecamatan Kormomolin selama sepekan dan membuat jebolnya talud penahan ombak.

Pemilik rumah yang ambruk Paulus Fatlolon dan Anastasia menceritakan, bahwa, kejadian itu terjadi pada Jumat (2/04/2021) kemarin, sekitar pukul 03.00 Wit, dimana ombak menghantam talud penahan hingga jebol.

img-1617445715.jpg

" kemarin sekitar pukul  tiga sore dan menghantam talit penahan ombak sampai jebol dan langsung menghantam bagian dapur rumah kami dan ambruk sekaligus bagian dapurnya tersebut, memang kemarin kondisi gelombang laut saat pasang naik itu sangat kencang dan memukul sebagian besar Talit penahan ombak yang ada di belakang rumahnya itu ambruk, malah tetangga mereka pun saat ini sudah mengungsi yaitu keluarga Rufus Nifanngelyau yang juga terkena musibah ini karena talit di belakang rumah mereka juga sudah jebol akhirnya mereka mengungsi ke rumah anaknya yang baru di bangun" ungkap Anastasia

img-1617445739.jpg

Menurut Anastasia, kondisi yang mereka alami sudah menjadi agenda setiap tahun, ketika musim timur tiba. dan sudah pasti rumah-rumah mikikwarga yang berada di pesisir pantai  akan menjadi langganan tetap.

" mau di bilang gimana lagi karna memang ini sudah musimnya. Jadi pas kejadian kemarin saya langsung sampaikan buat salah satu saudara kami untuk tolong di laporkan ke BNPB Kabupaten untuk tolong melihat kondisi kami di Desa Meyano Das. Setelah itu saudara kami langsung menelepon Dinas BNPBimg-1617445756.jpg Kabupaten dan tadi mereka sudah turun langsung untuk melihat langsung kondisi rumah kami dan kondisi talud penahan ombak di kampung kami ini. 

Sekretaris Dinas BNPB Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Tobias Nifinlury, yang  di temui saat melakukan kunjungan langsung di Desa Meyano Das, mengatakan dirinya, akan secepatnya melaporkan hal kepada pimpinan untuk secepatnya di tindaklanjuti.

Namun terkait dengan bantuan Pemerintah Daerah bagi pembangunan talud penahan ombak di Desa Meyano Das sudah di usulkan 

Nifinlury berharap, dalam waktu dekat ini usulan tersebut telah terealisasi. Apalagi kondisi alam yang ekstrim seperti ini tidak saja dialami pada Desa Meyano das tapi ada beberapa desa juga mengalami hal yang serupa.

"untuk itu saya dan beberapa staf turun langsung saat ini untuk melihat kondisi yang terjadi untuk kami bisa buat laporan untuk di masukan ke pimpinan untuk bisa di tindaklanjuti. Jelas Nifinlury (Gilang)

Komentar

Belum Ada Komentar