Anisa : 115 SMK di Maluku Didorong Menjadi Pusat Keunggulan
Jum'at, 25 Februari 2022
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Anisa : 115 SMK di Maluku Didorong Menjadi Pusat Keunggulan

Ambon, Pelita Maluku.com - 115 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Provinsi Maluku di dorong untuk menjadi SMK Pusat Keunggulan.  

Untuk mendorong hal tersebut maka diperlukan pelatihan atau sosialisasi, terkait, penyelesaian kurikulum SMK Link and Match.

"Jadi ada sosialisasi SMK Pusat Keunggulan (PK) dan semua SMK didorong untuk menjadi Pusat Keunggulan. Ada juga kegiatan minat bakat kegiatan sekolah itu kita bersinergi dengan pusat seperti lomba-lomba KOSN, LKS, ada juga workshop tentang kepramukaan di SMK" Demikian disampaikan Kepala Bidang SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Anisah, kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (22/02/2022) Kemarin.

Link and Match Menurut Anisa, adalah penyelerasan kurikulum antara Industri Dunia Kerja (Iduka) dengan sekolah. Dimana kerjasama industri dengan sekolah dalam bentuk kurikulum. 

Selain itu ada lanjut Anisa juga terdapat kegiatan minat bakat sekolah. Dan kegiatan ini tentunya bersinerginya dengan Pemerintah Pusat seperti lomba-lomba KOSN, LKS, serta workshop tentang kepramukaan di SMK. 

Diakuinya, dana untuk mendorong kegiatan SMK Pusat Keunggulan, mungkin tidak sesuai dengan apa yang dibayangkan, akan tetapi ditahap ini kita telah mempersiapkan beberapa sekolah di Maluku untuk mengikuti persiapan PK. Seperti di tahun 2021

SMK 3 Ambon, SMK I Ambon, SMK Pamahanusa, dan SMK I Malteng. Sedangkan SMA 5 Ambon dan SMA Muhamadiyah telah mulai dari COE. Dan dua sekolah ini yang pertama kali di provinsi Maluku yang berubah menjadi Pusat Keunggulan.

Selain itu, juga ada SMK 2 di Kabupaten Seram Bagian Barat, SMK 6 Kepulauan Tanimbar, SMK Siwalima di Kabupaten Maluku Tenggara, SMK Imakulata dan SMK 1 Kabupaten Buru.

"Kalau kali ini kita tidak bisa mencakup semua sekolah, minimal ada sebagian sekolah yang bisa kita penuhi. Nanti sebagian sekolahnya lagi mungkin anggaran berikutnya karena anggaranya tidak cukup

Mungin SMK tidak banyak kegiatannya hanya empat yaitu minat bakat, sosialisasi PK, kelembagaan manajemen sekolah itu termasuk dalam iduka penyelerasan kurikulum serta MoU dengan iduka," ungkap Anisa

Anisa Berharap, sejumlah sekolah yang telah ditetapkan menjadi Pusat Keunggulan, dapat menularkan hal ini kepada SMK-SMK lain di Maluku.

"jadi mereka bisa menularkan kepada teman- teman Kepala Sekolah yang lain bahwa SMK PK itu begini, Karena ada orang menganggap itu susah," ujar Anisa (PM.13)








Komentar

Belum Ada Komentar