Antisipasi Lonjakan Mudik Lebaran, Dishub Maluku Siapkan Transportasi Darat,Laut dan Udara
Jum'at, 17 Mei 2019
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Antisipasi Lonjakan Mudik Lebaran, Dishub Maluku Siapkan Transportasi Darat,Laut dan Udara

Ambon, Pelita Maluku.Com – Pemerintah Provinsi Maluku lewat Dinas Perhubungan, dalam mengantisipasi terjadi lonjakan penumpang mudik lebaran, kini telah melakukan Rapat Koordinasi dengan seluruh operator, guna menyiapkan sarana dan prasarana perhubungan yang nantinya dipergunakan oleh warga untuk melakukan mudik, baik untuk angkutan, darat, laut maupun udara. 

Sesuai hasil Rakor tersebut seluruh operator yang berkaitan dengan sarana transportasi telah siap melakukan pelayanan selama mudik itu berlangsung,” Demikian disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Maluku Frangky Papilaya dalam keterangan pers yang disampaikan kepada wartawan di Aula Dinas Perhubungan Maluku Jumat (17/05/2019) 

Dijelaskan Papilaya, bagi penyiapan transportasi laut, Dishub Maluku telah menyiapkan 22 kapal perintis yang berada di tiga pangkalan, yakni di pangkalan Ambon, Tual dan Saumlaki 

Sedangkan bagi angkutan penyeberangan ferry telah disiapkan 10 unit Ferry, disamping kapal swasta yang dikelola PT. Pelayaran Dharma Indah sebanyak 9 unit, serta 1 kapal negara yang di kelola oleh Navigasi.

Kapal perintis yang berpangkalan di Ambon kata Papilaya diantaranya, KM Sabuk Nusantara 46, 34 , 103, 87, 01,07, 71  serta KM. Wetar dan KM. Manusela.

Yang berpangkalan di Kota Tual terdapat, KM Papua 1, Intim Mulia, KM Kasuari Pasisfik 1, KM Tanjung Tumkor, KM Sabuk Nusantara 60 dan KM Kasuari Pasifik 2. 

Sementara yang berada di Saumlaki, KM Sabuk Nusantara 32, 73, 104, 41 dan 76, KM Irama, KM Niani, KM Papua 5.

“ itu kapal-kapal perintis yang tersedia di maluku baik yang dikelola oleh Pelni maupun swasta,” jelas Papilaya

Sementara Pelni yang siap beroperasi diantaranya, KM Dobonsolo, Ngapulu, Tidar, Doloronda ,Sangiang. Lose, Pangrango, Sirimau , Tatamailau dan Gunung Dempo. 

Selanjutnya, kapal yang dikelola pihak swasta yang di kelola PT dharma Indah yakni , Express Cantika 80, Torpedo, Cantika 99, Bahari II D, Elisabeth II, dan Cantika Express.

Untuk kapal angkutan penyeberangan masing-masing tersebar di kabupaten/kota seperti Ambon, Saumlaki, Maluku Barat Daya dan buru

Selain angkutan penyeberangan kita memiliki angkutan darat, yakni mobil yang dikelola PT. Damri dan juga Trans Amboina yang di kelola oleh PD. Panca Karya 

Yang di kelola PD. Panca Karya ada 15 unit,  sedangkan yang di kelola PT. Damri ada 19 unit, sementara di Bandara pattimura terdapat 2 unit, Kabupaten Kepulauan Tanimbar 2 unit, Kabupaten  Maluku Tenggara 2 unit dan Kabupaten buru 2 unit 

Sementara bagi angkutan udara, baik domestik maupun yang keluar, batik express, Lion, Garuda, telah menyatakan kesiapannya untuk beroperasi. 

Dikatakan Papilaya, seluruh sarana transportasi ini akan di gunakan untuk memperlancar arus mudik selama lebaran, dan di setiap unit-unit operator akan disiapkan posko seperti di pelabuhan Yos Sudarso Ambon, Terminal Passo, Penyeberangan Galala, dan Hunimua, Waai, dan Pelabuhan Udara. 

Posko tersebut lanjut Papilaya, ada yang di buka tanggal 26,27 dan 28 Mei dengan tujuan untuk melakukan monitor dan pengawasan serta evaluasi terhadap seluruh proses transportasi selama mudik lebaran,” Ujar Papilaya. (PM.008)

Komentar

Belum Ada Komentar