Batlayerry : Fastival Bameti Bangun Kembali Jati Diri Orang Tanimbar
Selasa, 23 Juni 2020
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Batlayerry : Fastival Bameti Bangun Kembali Jati Diri Orang Tanimbar

Saumlaki, Pelita Maluku.com – Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Tanimbar Jaflaun Batlayerry, memberikan apresiasi yang besar kepada warga Desa Lorulun, atas terselenggaranya Festival Bameti.

Apresiasi disampaikan orang nomor satu di lembaga terhormat itu, karena Festival Bameti  dengan sendiri telah membuka mata hati kita untuk mengembalikan jati diri sebagai orang Tanimbar.

“kita hidup dengan Kalaway dan Bakul itu adalah Etnisitas kita yang sesungguhnya,” Ungkap Batlayerry kepada wartawan Minggu, (21/06/2020) kemarin.

img-1592922005.jpg

Untuk itu demi memilihara tradisi yang telah ditinggalkan oleh para leluhur kita sebelumnya tetap terjaga dan terpelihara, maka Lanjut Batlayerry, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar, dalam hal ini Dinas Pariwisata dapat menjemput dan membudayakan Festival Bameti sebagai sebuah tradisi dan kebiasaan yang hendak dilaksanakan setiap tahun maupun musim.

Selain itu pria yang akrab disapa Omans ini meminta, agar Festival Bameti kedepan dapat dikemas menjadi sebuah potensi wisata yang memiliki ciri khas ala Tanimbar.

Menurut Omans, Festival Bameti merupakan sebuah potensi yang seharusnya dapat diandalkan, apalagi Tanimbar adalah sebuah negeri adat dan negeri yang memiliki budaya, seperti yang dikatakan para tokoh-tokoh besar yakni “bangsa yang besar, adalah negeri yang berkembang dengan budaya dan tradisinya”

“saya rasa ini harus dijemput oleh dinas pariwisata dan sudah barang tentu DPRD KKT akan memberikan suport, dan diharapkan kegiatan ini kedepan dapat dikemas lebih baik lagi sehingga dapat tanimbarismenya,” ungkapnya.

Suport yang diberikan DPRD KKT jelas Kader asal Partai demokrat ini, selain dukungan lewat anggaran, selanjutnya dari sisi program juga harus mendukung, sehingga Festival Bameti ini selain menjadi sebuah budaya yang dihormati pemerintah, juga dihormati secara regional, nasional bahkan internasional.

img-1592922053.jpg

Olehnya itu Batlayerry berharap, adanya peran serta media dalam sosialisasi sekaligus  mengkampayekan Festival Bameti, agar di tahun-tahun mendatang, festifal ini dapat dikenal dan dapat mengundang turis lokal maupun manca negera untuk dapat berkunjung ke kabupaten berjuluk Duan Lolat ini.

Saya rasa dengan peran teman-teman media tentunya Festival Bameti akan dikenal, dan ketika dikenal pasti mereka akan berkunjung ke KKT. Dengan berkunjung ke kabupaten ini, tentunya akan meningkatkan PAD,” ujar Batlayerry (Gilang) 


Komentar

Belum Ada Komentar