Bimas Katolik Apresiasi Pembagian Sembako Pemuda Peduli Kasih Benteng
Senin, 03 Agustus 2020
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Bimas Katolik Apresiasi Pembagian Sembako Pemuda Peduli Kasih Benteng

Ambon, Pelita Maluku.com - Pembimbing Masyarakat (Pembimas) Katolik Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku, Bernard Fanulene, S.Pd, memberikan apresiasi yang tinggi bagi kelompok Pemuda Peduli Kasih Benteng, sehubungan aksi berbagi kasih dengan sesama, di masa pandemi Covid-19 yang melanda sebagian besar dunia dan Kota Ambon pada khususnya. Apresiasi ini di ungkapkan Pembimas Katolik saat pembagian Sembako bagi 3 komunitas warga passo oleh Pemuda Peduli Kasih benteng, yang bekerjasama dengan Rukun Santo Yohanis Paulus, Paroki Santo Yoseph Passo, Sabtu (01/08/2020) kemarin.

Menurut Fanulene, apa yang dilakukan pemuda ini pertama sebagai sebuah gerakan yang sangat positif dari segi internal gereja. Kedua, gerakan ini merupakan implementasi kongkrit dari ajaran sosial gereja, yakni bagaimana Gereja hadir lewat karya-karya karitas kepada masyarakat.

Sementara dilihat dari segi pemerintahan Lanjut Fanulene, Kementerian Agama melihat aksi para pemuda ini sebagai sebuah implentasi yang kongkrit dari moderasi beragama dan peningkatan kualitas hidup dari umat beragama itu sendiri demi mewujudkan kerukunan hidup umat beragama.

"Inilah sebuah dialog hidup yang nyata" ujarnya.

img-1596449621.jpg

Jelas Fanulene, konsep agama harus mendarat bukan dan bukan sekedar sebuah teori, tapi harus  mendarat bagi semua umat beragama, sehingga bagi Fanulene,  selaku Pembimas Katolik, gerakan anak-anak muda ini sebagai inspirasi bagi semua komponen orang muda untuk bergerak tanpa harus digerakkan dan inisyatif yang tumbuh secara alami dari anak-anak muda.

Oleh sebab itu Fanulene berharap, kegiatan positif seperti ini tidak berhenti sampai di sini, namun terus berlanjut dengan aksi-aksi yang lainnya. Bahkan  Fanulene dalam kesempatan itu meminta, Pemuda Peduli Kasih Benteng Pemuda depan dapat membentuk sebuah organisasi bersama yang diberi nama sebagai Molucas First Relegy, yang kedepannya dapat melakukan berbagai hal positif,” Pinta Fanulene

Sementara itu, koordinator Kaum Muda Peduli Kasih Benteng, Molan Naabi dalam sambutannya, mengatakan kelompok Pemuda Peduli Kasih Benteng terdiri dari Pemuda asal Paroki Santa Maria Bintang Laut yang mempunyai inisyatif untuk bergerak melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi umat dan masyarakat yang memang layak untuk dibantu.

Menurutnya, keanggotaan dari kelompok ini walaupun rata-rata adalah Katolik, tetapi aksinya tidak mewakili rukun ataupun paroki setempat, melainkan bergerak atas inisiatif pribadi dan kelompok, sehingga kedepan tidak menutup diri dari keanggotaan yang berasal dari Gereja lain dan juga dari Muslim.

erkait dengan aksi kemanusian yang dilakukan oleh kelompoknya Naabi mengatakan, pihaknya selalu menghindari pelaksanaan yang bersifat formal dengan prinsip melakukan kebaikan dan tidak perlu dibesar-besarkan, sebaliknya sudah cukup apabila aksi nyata itu mencapai kelompok sasaran dan lebih dari itu bisa bermanfaat dari sesama manusia terutama mereka yang memang benar-benar membutuhkan bantuan dan lebih dari itu, aksi nyata itu sendiri merupakan sebuah implementasi secara vertikal berarti di mata Tuhan.

Sementara itu Ketua Rukun Santo Yohanes Paulus Paroki Santo Yoseph Passo, Klara Rumadery/Lamere dalam sambutannya, selain berterima kasih atas aksi nyata dari Pemuda Peduli Kasih dari Benteng ini yang memilih warga Rukunnya sebagai salah satu tempat untuk menyalurkan berkat - berkat mereka dalam bentuk pemberian sembako, pihaknya patut bersyukur kepada Tuhan dan berterima kasih kepada para Pemuda ini dimana aksinya ini sejalan dengan program kerja dari Rukun yang dipimpinnya.

img-1596449655.jpg

Ia menyambut baik rencana dan aksi nyata pemuda Peduli Kasih asal Benteng ini yang akhirnya juga menggerakkan pihaknya untuk menggabungkan dengan apa yang dikumpulkan dari Rukunnya serta beberapa penyumbang kainnya sehingga dapat melaksanakan aksi pembakian sembako dimana diberikan bukan saja kepada warga Rukun Santo Yohanes Paulus yang membutuhkannya, akan tetapi juga kepada sejumlah warga dari Gereja lain dan dari warga Muslim yang berada di lingkungan sekitarnya.

Aksi nyata pembagian sembako yang dilakukan oleh Kaum Pemuda Peduli Kasih Benteng ini selain di lingkungan Rukun Santo Yohanes Paulus dan juga berbagi kasih kepada keluarga-keluarga Katolik di Paroki Passo yang membutuhkan bantuan (PM.007)

Komentar

Belum Ada Komentar