Dari Washington, BMW Beri Kuliah Umum Bagi AMGPM Dakota
Jum'at, 15 Oktober 2021
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Dari Washington, BMW Beri Kuliah Umum Bagi AMGPM Dakota

Ambon, Pelita Maluku.com - Guna memberikan penguatan kepada Angkatan Muda. AMGPM Daerah Kota Ambon  menggelar pendidikan kader jejang menengah.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari tepatnya di gedung Gereja Marantha menghadirkan salah satu putra terbaik asal Kota Ambon yakni Bung Michael Wattimena. 

Dalam Kuliah Umum itu, BMW menyampaikan materi secara virtual dari Washington (Amerika,  yang bertemakan "Managemen Pemuda Gereja Sebagai Mitra Pemerintah di Tengah Era New Normal" 

Sebelum menyampaikan kuliah umum,  BMW sebagai putra daerah berterima kasih dan bersyukur karena dibesarkan dalam lingkup AMGPM yakni AMGPM  Bethel dan  pernah menjadi pengurus Cabang dibawah kepemimpinan Rudy Watilette sampai Deky Pattiwael.

img-1634304788.jpg

Selanjutnya pada kepengurusan Dakota dibawah kepemimpinan Jhon Malaihollo. sehingga berbicara soal AMGPM,  BMW begitu menyatu.

Menurut pria berlesung pipit itu, ada tiga konsep yang telah dipersiapkan dalam kuliah umum ini, untuk memberikan penguatan bagi kader Angkatan Muda GPM.

1. Gambaran Umum

Pertama, diketahui 19 bulan, semenjak Word Health Organization (WHO) menyatakan global pandemic Covid-19. kasus terinfeksi di dunia mencapai puluhan juta, korban meninggal mencapai lebih dari 3,4 juta jiwa. Di Indonesia tidak terhindar dari terinfeksi dan jumlah yang meninggal mencapai kurang lebih 50 ribu orang. 

Ķedua, untuk mencegah semuanya itu  di batasi, kegiatan ibadah,  bekerja dari rumah, anak-anak sekolah dari rumahkan, karena keselamatan jiwa bersama yang paling utama. Tetapi  konsekuensinya terhadap perekonomian sangat berat dan nyata. 

Ketiga,  arah pembangunan Indonesia telah menunjukkan kemajuan yang luar biasa dalam 20 tahun terakhir,  Alami kesenjangan besar terkait modal manusia (human capital) dan infrastruktur yang menghambat daya saing serta kemampuan menciptakan lapangan kerja semua akibat Pandemi COVID-19. Keempat,  Kita perlu menjaga optimisme dengan terjadinya tren pemulihan, namun tidak boleh membuat kita lengah bahkan harus tetap waspada Karena ketidak pastian masih tinggi, dan kerja keras belum selesai

II. Permasalahan Manajemen Pemuda Gereja

Sumber daya manusia di identifikasi sangat diperlukan oleh organisasi AMGPM, di dalamnya meliputi. 

Satu masalah persaingan biaya, bagaimana menjaga biaya anggota tetap rendah. 

Kedua, Pendelegasian meningkatkan kapasitas keterlibatan anggota dalam bertindak. 

img-1634304809.jpgKetiga, Perubahan organisasional, memunculkan masalah-masalah sumber daya manusia seperti sentralisasi versus desentralisasi. Adanya environmental. Changes Identifikasi issue (kolaborasi diskusi antara SDM pemuda dan pemimpin) Melakukan tindakan yang diperlukan (action)merancang dan mengimplementasikan program.Dimana membuat program yang melengkapi traditional HR planning.

Keempat, tingkatan daya saing, bagaimana sumber daya manusia mengembangkan keefektifan organisasional, membangun organisasi yang fleksible, efisien, ada interdependensi dan team work yang efektif. 

Kelima, kompetensi anggota,  Keenam pengelolaan diversitas anggota, bagaimana sumber daya manusia dapat meningkatkan kapabilitas dan motivasi anggota melalui perbedaan yang ada. Ketujuh,  Daya saing global, bagaimana meningkatkan organisasi untuk melakukan bisnis baik dalam konteks lokal maupun dengan perspektif global. Mengelola karir multinasional, serta mencari hasil dan integrasi korporasi global. 

Beberapa permasalahan diatas penting dan selayaknya jadi perhatian seluruh stakeholder yairtu Gereja sebagai kelembagaan dan Pengurus Besar AM GPM dalam menyusun Pola dan Sistem Pendidikan

III. Pemuda Gereja Sebagai Mitra Pemerintah

Pidato Presiden RI yang sangat tegas menyampaikan semua komponen bangsa ini bahwa sumber daya manusia adalah determinan (faktor yang menentukan) sekaligus modal utama pembangunan di manapun. Kelemahan Indonesia sebagai negara yang kaya akan potensi dan hasil bumi terletak pada penguasaan teknologi karena terbatasnya sumber daya manusia di bidang itu. Hingga keseriusan dalam membentuk SDM yang terampil, profesional serta berkemampuan (capable) harus menjadi kepedulian pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan (stakeholder) pelaku pembangunan. Konteks daerah kepulauan khususnya di Maluku, membutuhkan pemimpin dengan visi geoleadership sehingga benar-benar memahami bagaimana cara mengeksplorasi, mengekploitasi maupun mengkomersialkan hasil laut yang adalah bagian utama wilayah kepulauan.

img-1634304846.jpg

Tiga agenda di atas tentunya membutuhkan manusia-manusia cerdas dan terampil di bidang teknologi untuk itu Pemuda Gereja bisa memaksimalkan peluang ini untuk mempersiapkan diri baik lewat pendidikan formal. Jalur pendidikan yang terstruktur dan berjenjang terdiri atas pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. Non formal (jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara maksimsl untuk mencegah penyebaran infeksi. Interaksi antar manusia di batasi, kegiatan ibadah di adaptasi banyak yang bekerja di rumah, anak-anak sekolah dari rumah. Pelatihan dan pemberdayaan pemuda Indonesia melalui peningkatan kapasitas pada pendidikan Nonformal ; Dr. H. Mustofa Kami; 2008 berjenjang dan terstruktur). Maupun informal (jalur pendidikan keluarga dan lingkungan yang berbentuk kegiatan belajar secara mandiri).

IV. Peran Pemuda Gereja Di era New Normal

Kajian dan analisa dimulai dari adanya penekanan pada perubahan lingkungan bisnis yang memiliki pengaruh terhadap perubahan peran SDM. 

Untuk mendukung perubahan itu, organisasi perlu melakukan repositioning baik dalam hal perilaku dan kompetensi SDM. Sebagai bagian dari repositioning, peran SDM untuk dapat meningkatkan keunggulan kompetitif organisasi.(termasuk penggunaan informasi dan teknologi).

Pimpinan yang secara teratur melakukan proses pengembangan strategi sumber daya anggota pada organisasiny. Akan memperoleh manfaat berupa distinctive capability beberapa hal dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukan.Dalam prospek organisasi saat ini dan ke depan, pimpinan memberikan kontribusi berharga dalam pengembangan isu bisnis yang berhubungan dengan pengembangan sumber daya pemuda (people bussiness issues), Sistem integrasi perencanaan sumber daya pemuda dan perencanaan strategic. 

Olehnya itu lewat kuliah Umum ini BMW berharap, Pemuda Gereja dapat menerimanya  demi peningkatan Sumber Daya Pemuda Gereja. 

Diakhir Kuliah umum ini BMW memberikan sertifikat sebagai penghargaan bagi AMGP. Dakota (PM.007).


Komentar

Belum Ada Komentar