Di Rujuk Ke Makassar, Istri Gubernur Maluku Minta Masyarakat Doakan Wa Surti Bocah Pengidap Kanker Mata
Senin, 21 Desember 2020
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Di Rujuk Ke Makassar, Istri Gubernur Maluku Minta Masyarakat Doakan Wa Surti Bocah Pengidap Kanker Mata

Ambon, Pelita Maluku.com - Pemerintah Provinsi Maluku melalui Dinas Kesehatan dan Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra), akhirnya merujuk Wa Surti, bocah pengidap kanker mata (retinoblastoma) asal Desa Iha, Kecamatan Huamual, Kabupaten Seram Bagian Barat ke Makassar.

Bocah malang berusia sepuluh tahun itu, diberangkatkan pada Senin siang (21/12/2020), menggunakan pesawat Lion Air, untuk selanjutnya dirujuk ke Rumah Sakit Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar.

Keberangkatan Wa Surti untuk memperoleh pengobatan lanjutan.  Selain ditemani orang tua, Surti didampingi seorang perawat yang dtugaskan dari RSUD Haulussy, Ambon.

" Hari ini, Surti dan kedua orang tuanya  didampingi satu orang perawat yang ditugaskan dari RSUD Haulussy sudah berangkat menuju Makassar dengan penerbangan Lion Air siang. Di Makassar, Surti akan dirujuk di RS Unhas untuk pengobatan," kata Kepala Biro Kesra Setda Maluku, Adji Muhammad, melalui telepon selulernya, Senin (21/12/2020).

Untuk kelancaran proses pengobatan, kata Adji, pihaknya bersama Dinas Kesehatan Provinsi Maluku sebelumnya telah mendapat tugas dari Sekretaris Daerah Maluku, Kasrul Selang, untuk mengurus segala keperluan demi kelancaran pengobatan termasuk biaya pengobatan dan biaya lainnya selama berada di Makassar.

"Jadi seluruh biaya perjalanan dan pengobatan melalui BPJS Kesehatan, dibiayai oleh Pemprov Maluku," kata Adji.

Sebelumnya, Istri Gubernur Maluku, Widya Pratiwi Murad Ismail, menaruh perhatian serius terhadap kondisi Wa Surti. 

Ketika mendapat informasi terkait Wa Surti, Widya langsung berkoordinasi dengan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Meikyal Pontoh dan Kepala Biro Kesra Setda Maluku Adji Muhammad, langsung mengunjungi Wa Surti yang saat itu menumpang di kos-kosan salah satu kerabat keluarga di Desa Rumah Tiga.

Saat dijenguk Widya, Wa Surti tergelatak lemas dan tampak kurus. Akibat sakit yang dideritanya, putri dari pasangan La Bulamba dan Wa Dima itu, bola matanya mulai mengalami pembesaran. Hanya tiga bulan saja, sel-sel kanker menyebabkan bola mata kanannya membesar dan memerah di seluruh mata kanan Surti yang baru duduk di kelas 1 sekolah dasar.

Tak tega melihat kondisi Wa Surti, saat itu juga, Widya meminta untuk segera ditangani secara medis. 

Widya yang ditemui dan di wawancarai usai membuka Acara Rapid Test Antigen Gratis yang digelar TP PKK dan IKAPTK, Widya mengaku senang, karena pada akhirnya, Wa Surti akan ditangani secara medis.

" Alhmdulilah, hari ini  Insha Allah Surti akan berangkat menuju  Makassar. Ya mungkin nanti Surti akan didiagnosa terlebih dulu. Nanti  kelanjutannya seperti apa berdasarkan hasil diagnosanya," kata Widya.

Ia pun meminta dukungan doa dari masyarakat Maluku untuk kesembuhan Wa Surti.

"Saya mohon doa dari seluruh masyarakat Maluku untuk Surti. Insha Allah, semua proses penyembuhan berjalan dengan lancar. Allah jaga, Allah lindungi keluarganya dan Wa Surti sehat dan  kembali ke Ambon," harap Widya.(PM.007)


Komentar

Belum Ada Komentar