Dukung Palapa Ring, Pemprov Maluku Siap Lakukan Kerjasama dengan Telkom Jakarta
Selasa, 15 Oktober 2019
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Dukung Palapa Ring, Pemprov Maluku Siap Lakukan Kerjasama dengan Telkom Jakarta

Ambon, Pelita Maluku.com – Guna mencerdaskan anak-anak Maluku yang berada di pelosok – pelosok dan daerah terluar di Maluku, agar bisa terhubung dengan dunia luar lewat internet. Pemerintah Provinsi Maluku, dalam waktu dekat, akan melakukan kerjasama dengan pihak Telkom Jakarta.

Pentingnya kerjasama ini, karena Palapa Ring adalah suatu proyek pembangunan jaringan serat optik nasional, yang akan menjangkau sebanyak 34 provinsi, dan 440 Kota/Kabupaten di seluruh Indonesia dengan total panjang kabel laut mencapai 35.280 kilometer, dan kabel di daratan adalah sejauh 21.807 kilometer.

Kerajasama dengan pihak Telkom Jakarta, mengingat Palapa Ring Tengah di seluruh Maluku sudah terpasang secara keseluruhan, hanya untuk mengfungsikannya, perlu dilakukan MoU dengan pihak Telkom.    

“Palaparing Tengah itu seluruh maluku sudah terpasang, sekarang yang mau kita kerjasama dengan telkom dan mungkin kita akan MoU dengan Telkom Jakarta, agar masyarakat maluku yang bermukim di pelosok-pelosok maupun daerah terluar dapat menikmati akses informasi internet”. Demikian disampaikan Gubernur Maluku Irjen Pol (Purn) Murad Ismail kepada wartawan di Lantai II Kantor Gubernur Maluku Selasa (15/10/2019).

Menurutnya, tujuan pemasangan Palapa Ring Tengah di seluruh Kabupaten/Kota di Maluku, agar anak-anak yang berada di pelosok maupun daerah terluar di maluku dapat mempromosikan produk-produk unggulan lokal yang ada di kabupaten hingga kecamatan, selain itu dapat mempromosikan potensi pariwisata berada di maluku.

Hal ini lanjut orang nomor satu di Maluku, sebab potensi di maluku begitu besar, hanya saja belum terpublikasi secara menyeluruh, karena belum semua daerah maluku bisa mengakses internet secara baik.

“ jadi kita akan kerjasama dengan Telkom jakarta, agar RRI, TVRI juga bisa sampai ke seluruh kabupaten/kota bila telaparing tengah ini dilaksanakan,” ujar Gubernur Maluku.

Terkait dengan kapan pelaksanaan MoU Jelas Gubernur, pihak Telkom Jakarta telah merespon keinginan pemerintah provinsi Maluku, tinggal bagaimana Pemprov Maluku meminta arahan, bila perlu Telkom Jakarta membuat proposal untuk ditanda tangani, agar pelaksanaan Palaparing Tengah bisa dilaksanakan.

“ Sebelumnya ada pihak lain yang meminta kerjasama dengan pemerintah provinsi Maluku menyangkut dengan Palaparing, namun yang diminta mereka terlalu mahal, sekitar miliar pertahun, namun intinya Telkom telah merespon, tinggal bagaimana kita meminta arahan dari mereka dan mungkin mereka bisa bikin proposal dan tinggal kita tanda tangani kerjasama itu,” jelas Gubernur Maluku (PM.007)  

Komentar

Belum Ada Komentar