Fatlolon Minta Kaderisasi PCPS GMKI Perlu Perlu Ditingkatkan
Minggu, 19 September 2021
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Fatlolon Minta Kaderisasi PCPS GMKI Perlu Perlu Ditingkatkan

Ambon,Pelita Maluku.com - Bupati Kepulauan Tanimbar Petrus Fatlolon, SH, MH., bersama Forkopimda setempat, mendampingi Deputi I Kantor Staf Kepresidenan (KSP) RI, Febry C. Tetelepta, MH, yang sekaligus menjabat Ketua Umum Pengurus Nasional.

Kunjungan Febry Tetelepta ke Kabupaten penghasil minyak ini, untuk melantik Pengurus Cabang Perkumpulan Senior (PCPS) GMKI Cabang Saumlaki masa bakti 2021-2024. yang diselenggarakan pada Gedung Balai Pembinaan Umat Sejahtera (BPU) Saumlaki, Jumat (16/09/2021).

Dalam sambutannya, Bupati Kepulauan menyampaikan beberapa hal penting diantaranya, Bupati meminta para junior GMKI patut mencontohi Febry C Tetelepta sebagai tokoh nasional, dan juga figur GMKI dalam memberikan teladan kesederhanaan, kepatuhan dan mampu menyesuaikan diri dalam berbagai situasi. Buktinya, beliau telah ikut berpartisipasi aktif memberikan kontribusi nyata dalam mengisi dan melaksanakan pembangunan dari ujung Pulau Molu Maru hingga Pulau Selaru.

Bukan saja itu, para kader GMKI telah mengisi jabatan strategis tak hanya di unsur pemerintahan tetapi juga di sektor lainnya. Oleh sebab itu Fatlolon berpesan agar proses kaderisasi dalam menyiapkan para kader GMKI yang masih di bangku pendidikan harus mampu melanjutkan tongkat estafet sebagai tanggung jawab bersama. 

Menurut Bupati, Pemerintah Daerah membuka ruang seluas-luasnya bagi siapa saja, tak terkecuali OKP gereja yang telah memberikan kontribusi nyata dalam melaksanakan pembangunan, penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik. 

Hal ini dilakukan, karena disadari pemerintah daerah tidak bisa sendiri dalam menjawab seluruh keinginan masyarakat Tanimbar. Sebaliknya Pemerintah daerah tentu membutuhkan masukan dan saran yang konstruktif dalam menyusun program dan kegiatan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan sesuai dengan ketentuan perundangan-undangan yang berlaku.

Olehnya Fatlolon menghimbau, seluruh elemen bersama-sama bergandengan tangan untuk maju membawa sebuah gerakan perubahan yang tidak bertentangan dan menganggu ketentraman masyarakat dalam mewujudkan masyarakat Tanimbar yang Cerdas, Sehat, Berwibawa dan Mandiri. Dengan harapan agar seluruh tahapan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan mendapatkan dukungan dari senior maupun junior GMKI dengan tetap mengedepankan semangat bersama maju mangurebe membangun Tanimbar dengan menghormati etika dan adat-istiadat setempat.

Pada kesempatan itu Bupati juga menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi tinggi kepada Deputi I KSP yang membidangi Infrastruktur, Energi dan Investasi KSP RI yang telah turut berpartisipasi dalam perjuangan perolehan PI dan telah membuahkan hasil dengan perolehan 3% dari PI 10% pengembangan Blok Masela. 

Dijelaskan Bupati, hadirnya Blok Masela akan menjadi daya tarik peluang maupun penduduk baru dari luar Tanimbar termasuk tenaga teknis dari Eropa, Jepang maupun Australia. 

Hal ini tentu menjadi tantangan bagi orang Tanimbar. Oleh sebab itu Bupati meminta kepada para senior dan junior GMKI untuk bersama-sama mempersiapkan diri, tak hanya menjadi operator dan tenaga terampil yang berhubungan langsung dengan pekerjaan teknis. Namun mari rebut peluang multiplier effect dengan mempersiapkan ketrampilan tertentu para generasi muda GMKI dalam sektor pertanian, sektor peternakan, sektor pariwisata maupun sektor transportasi. 

Sementara itu Ketum Nasional PNPS GMKI Febry C Tetelepta menyampaikan beberapa pokok pikiran penting bagi para kader junior maupun senior GMKI Cabang Saumlaki, diantaranya kehadiran PS GMKI cabang Saumlaki, diharapkan mampu menghimpun semua potensi gerakan selain mengemban tugas internal mengembangkan organisasi namun juga menjadi mitra kritis pemerintah, gereja dan masyarakat. 

Oleh sebab itu, para PCPS GMKI diminta untuk dapat memberikan pemikiran yang konstruktif dan penguatan terhadap jalannya pemerintahan. Menjadi mitra yang positif sekaligus menjadi teman dalam membangun negeri Duan Lolat.

Untuk itu kedepannya dengan hadirnya Blok Masela akan menjadi berkat namun bisa berubah menjadi kutukan, jika tidak dipersiapkan dengan baik. 

Tetelepta menghimbau para PCPS dan kader GMKI untuk mendukung pemerintah dengan menjadi mitra utama pemerintah dan sekaligus bagian kritis pemerintah untuk menjadi cermin dalam berbagai keputusan yang diambil untuk kesejahteraan masyarakat Tanimbar.

Dalam acara tersebut juga dilakukan penyerahan bantuan rapid tes sebanyak 2500 pack dan 2 unit ventilator yang diberikan oleh Deputi I KSP RI kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Tanimbar sebanyak 1.250 alat rapid tes antigen, RSUD dr. P. P. Magretti - Saumlaki sebanyak 1.250 alat rapid tes antigen dan RSU dr. Anaktoti - Larat sebanyak 2 unit Ventilator.

Turut hadir dalam acara tersebut, pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Penjabat Sekretaris Daerah, Asisten dan pimpinan SKPD lingkup Pemkab Kepulauan Tanimbar, Pimpinan dinas instansi vertikal, pimpinan umat beragama, pengurus nasional perkumpulan senior GMKI dan OKP dalam lingkup Kabupaten Kepulauan Tanimbar serta tamu undangan lainnya (Gilang


Komentar

Belum Ada Komentar