Forum SKPD Disperindag Dapat Berdampak Pada Peningkatan Ekonomi
Rabu, 27 Maret 2019
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Forum SKPD Disperindag Dapat Berdampak Pada Peningkatan Ekonomi

Ambon, Pelita Maluku.com - Forum SKPD Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku, diharapkan dapat berdampak pada peningkatan ekonomi terutama dalam rangka percepatan pengurangan kemiskinan dan pengangguran di Provinsi Maluku. Hal ini disampaikam Plh Gubernur Hamin Bin Thahir, dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Maluku Suryadi Sabirin, pada Forum Koordinasi Dinas Perindustrian dan Perdagangan se-Maluku. 

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Marina, Selasa (26/3), dibawah sorotan tema "optimalisasi dan sinkronisasi program pengembangan industri dan perdagangan, dalam rangka percepatan penurunan kemiskinan dan pengangguran di Provinsi Maluku". 

Berdasarkan tema diatas, maka penyusunan perencanaan tahun anggaran 2020 harus berdasarkan pada tujuh prioritas daerah yang telah ditetapkan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku kata Sabirin,berada pada prioritas 4 yaitu, optimalisasi pengelolaan SDA, penataan ruang, lingkungan hidup dan pengembangan industri pengolahan secara berkelanjutan, dan prioritas 6 yaitu, peningkatan suasana kondusif, damai, harmonis dan berbudaya, yang mendukung aktivitas ekonomi, investasi, dan pariwisata. 

Menindaklanjuti hal tersebut, dirinya menghimbau, agar OPD dalam menyusun rencana strategis haruslah mengacu pada Visi - Misi serta prioritas daerah yang telah ditetapkan dengan terus memacu pada peningkatkan kinerja.

"Kerja OPD tahun sebelumnya haruslah dijadikan cambuk untuk keberhasilan yang akan datang,"ungkapnya. 

Disisi lain, Dirinya menghimbau, agar kinerja ekspor Maluku terus ditingkatkan melalui tim pengembangan ekspor. 

"Keberhasilan kita dalam peningkatan ekspor tahun 2018 yang mengalami peningkatan sebesar 165 persen dari tahun 2017 harus dipertahankan, sebagai upaya dalam mengurangi tingkat kemiskinan dan pengangguran yang dari tahun ke tahun telah mengalami penurunan, yang cukup signifikan,"pintanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku Elvis Pattiselano mengatakan, Forum SKPD yang dilaksanakan dalam rangka optimalisasi program-program industri dan perdagangan untuk mempercepat penurunan kemiskinan dan pengangguran.

"Kita perlu duduk bersama dengan teman-teman Kabupaten/Kota, dalam membicarakan bersama agar singkronkan program kerja di tahun 2020, kita tidak lagi kerja parsial, tetapi terintegrasi berbasis gugus pulau.,” Ujarnya

Dengan demikian, Pemerintah Provinsi Maluku dan Kabupaten/Kota bisa berjalan bersama untuk memberdayakan masyarakat dalam mengentaskan kemiskinan dan pengangguran. 

Olehnya itu, dalam kegiatan ini, kami menghadirkan Kepala Biro Perencanaan dan Kementerian Perdagangan yang selama ini mengetahui dana APBN baik itu DAK, tugas pembantuan maupun Dekon, dari Kementerian untuk daerah baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota. 

Kemudian dari Kementrian Perindustrian, dihadiri Kepala Bagian Program yang selama ini bergelut dengan DAK dan tugas pembantuan, yang diarahkan dari APBN baik untuk Provinsi maupun Kabupaten/Kota. Hingga diharapkan bisa menjadi perhatian mereka untuk membantu kita di Maluku. (PM.14)


Komentar

Belum Ada Komentar