Jumat Bersih, Upaya Dongkrak PAD Wisata Desa Lumasebu
Jum'at, 27 Januari 2023
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Jumat Bersih, Upaya Dongkrak PAD Wisata Desa Lumasebu

Saumlaki, Pelita Maluku.com - Kepala Desa Lumasebu, Kecamatan Kormomolin, Kabupaten Kepulauan Tanimbar Silas Lambiombir, bersama seluruh perangkat desa dan masyarakat setempat, menggelar kerja bakti secara gotong royong, melalui program Jumat bersih yang di programkan desa.

Jumat Bersih tersebut di fokuskan pada lokasi wisata Bumbul Beach, yang menjadi salah satu tempat wisata milik desa Lumasebu. Mengingat Bumbul Beach menjadi salah satu tempat persinggahan atau transit bagi para penumpang yang ingin menuju Kecamatan Tanimbar Utara dan sebaliknya bagi masyarakat yang ingin kembali ke Ibukota Saumlaki. 

img-1674833155.jpg

Program Jumat Bersih ini dilakukan oleh Kepala Desa antar waktu Lumasebu, Silas Lambiombir, yang menggantikan Kades sebelumnya yang telah meninggal dunia.

Adapun program - program yang saat ini telah di jalankan sesuai dengan penetapan dalam RKPDES yakni, salah satunya program yang akan di genjot adalah peningkatan Pendapat Asli Daerah (PAD) lewat BUMDES dan nantinya akan di fokuskan pada retribusi tempat wisata tersebut.

img-1674833174.jpg

Saat di wawancarai oleh media ini, Kades Lumasebu Silas Lambiombir mengatakan, maksud dan tujuan dari kegiatan Jumat Bersih agar masyarakat terbiasa hidup sehat dengan menjaga kebersihan pada saluran saluran air, agar tidak menimbulkan jentik - jentik nyamuk serta bakteri.

" tapi pada proses berikutnya itu kita berpusat pada daerah wisata agar bisa menambah pendapatan desa dalam hal ini revitalisasi BUMDES di perlukan. Dan dalam waktu dekat Saya dan teman teman perangkat desa akan melakukan revitalisasi Bumdes untuk menjawab PAD desa tersebut," ungkap Lambiombir

img-1674833193.jpg

Untuk itu Lambiombir meminta, masyarakat setempat untuk sama-sama bergandeng tangan bersama Pemerintah Desa membangun Desa Lumasebu kedepan yang lebih baik lagi.

Sementara itu, Salah satu Tokoh Masyarakat Desa Lumasebu, Mesak Lebu - Lebu, memberikan apresiasi yang tinggi kepada Kades Lumasebu yang memiliki pemikiran yang baik untuk memajukan Desa Lumasebu.

img-1674833209.jpg

Menurutnya, Desa Lumasebu sebenarnya memiliki nilai jual dalam hal pariwisata. Apalagi Desa ini menjadi tempat persinggahan bagi masyarakat yang hendak menuju Kecamatan Tanimbar Utara dan sebaliknya. 

Disinilah Lanjutnya, Desa Lumasebu memiliki nilai jual untuk meningkatkan pendapatan asli desa yang selama ini tidak menjadi perhatian.

Olehnya Lebu-Lebu berharap, penataan tempat wisata di desa Lumasebu perlu dilakukan, sehingga semuanya tertata dengan baik. (Gilang)



Komentar

Belum Ada Komentar