Kanwil Kemenkumham Maluku Ikut Peluncuran Pustaka HAM Indonesia Digital
Senin, 06 Desember 2021
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Kanwil Kemenkumham Maluku Ikut Peluncuran Pustaka HAM Indonesia Digital

Ambon, Pelita Maluku.com - Jelang Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Se-dunia ke-73, Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Maluku mengikuti Peluncuran Pustaka HAM yang digelar oleh Direktorat Jenderal HAM Indonesia, Senin (6/12). di-relay dari lobi Gedung HAM. Kegiatan tersebut  di ikuti oleh Jajaran Kanwil Kemenkumham Maluku melalui zoom cloud meeting dan juga disiarkan secara live melalui kanal youtube Direktorat Jenderal HAM.

Direktur Jenderal HAM, Mualimin Abdi, dalam sambutannya menjelaskan, pembangunan Pustaka HAM Indonesia Digital bertujuan sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas dan menjamin penyediaan pelayanan publik sesuai dengan asas-asas umum pemerintahan dan korporasi yang baik, guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, dan informasi para pemustaka di seluruh Indonesia.

Berbeda dari perpustakaan lainnya, lanjut Mualimin, Pustaka HAM Indonesia akan menyediakan bahan pustaka khusus terkait dengan HAM. Diproyeksikan perpustakaan khusus HAM ini akan menjadi yang perdana di tanah air.

“Karena itu, tepat kiranya kita nyatakan bahwa Pustaka HAM Indonesia ini merupakan sebuah ikon tersendiri, Kita harapkan Pustaka HAM Indonesia Digital ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh semua pihak karena merupakan tonggak sejarah berdirinya Layanan Publik Pustaka HAM Indonesia Digital di tanah air” tutur Mualimin.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Informasi HAM Erfan menjelaskan, pembangunan Pustaka HAM Indonesia ini dilatar belakangi oleh  adanya kebutuhan masyarakat untuk mencari bahan terkait HAM yang dapat diakses dengan mudah.

“Terdapat dua layanan pada Pustaka HAM ini yaitu offline yang dapat bapak/ibu dapat kunjungi di Gedung HAM, dan secara online yang dapat diakses melalui website Pustaka.ham.go.id maupun aplikasi Pustaka HAM di google play” ujar Erfan.

Dalam pelaksanaan Pustaka HAM Indonesai digital tersebut, Direktorat Jenderal HAM bekerjasama dengan Aksara Maya. Aksara Maya memang dikenal sebagai platform digital yang telah memberikan layanan buku-buku digital bagi instansi-instansi di pemerintah maupun nonpemerintah.

Acara yang digelar secara hybrid tersebut turut diikuti oleh sejumlah Kanwil dan UPT KemenkumHAM se-indonesia. 

Tampak hadir secara langsung di lobi Gedung HAM adalah sejumlah Pimti Pratama, Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas dan staf di lingkungan Direktorat Jenderal HAM. Turut juga hadir dalam kesempatan tersebut Direktur Utama Aksara Maya, Sulasmo.

Untuk diketahui Direktur Jenderal HAM mengungkapkan, pada tahun ini komunitas internasional telah memilih “EQUALITY : Reducing Inequlities, Advancing Human Rights” sebagai tema hari HAM se-dunia ke-73. KemenkumHAM berencana akan memeriahkan hari HAM se-dunia yang jatuh setiap tanggal 10 Desember. Puncak perayaan hari HAM di tanah air akan digelar di Graha pengayoman pada Jumat 10 Desember 2021. Selain itu, KemenkumHAM juga turut menggelar sejumlah rangkaian kegiatan hingga hari puncak peringatan pada jumat 10 Desember 2021. (Onsal)

Komentar

Belum Ada Komentar