Kecewa Raja Tulehu Belum dilantik, Ratusan Warga Blokir Jalan
Senin, 21 Oktober 2019
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Kecewa Raja Tulehu Belum dilantik, Ratusan Warga Blokir Jalan

Ambon, Pelita Maluku.com – Ratusan masyarakat Negeri Tulehu Kabupaten Maluku Tengah Senin (21/10/2019) sekitar pukul 09.45 Wit, melakukan aksi unjuk rasa, berupa pemblokiran ruas jalan dari dan menuju Kota Ambon, tepatnya di depan kantor Kecamatan Salahutu.

Aksi pemblokiran jalan tersebut, dengan menggunakan, sisa-sisa puing bangunan rumah yang sudah rubuh, sehingga mengakibat terjadinya kemacetan panjang bagi kendaraan, baik roda dua maupun  roda empat.  

Aksi pemblokiran yang dilakukan masyarakat Tulehu, sebagai bentuk kekecewaan mereka terhadap Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah, yang hingga kini belum melantik Raja terpilih Urian Ohorella, yang merupakan turunan raja langsung dari raja-raja sebelumnya.

Dalam aksi ini Camat Salahutu hampir diamuk massa yang sudah menunggu diseputaran kantor camat, namun amukkan warga ini bisa diamankan oleh anggota Koramil 1504-04/ Salahutu yang dibantu anggota Polsek Salahutu dan Anggota Brimob Polda Maluku.


Proses mediasi yang dilakukan, masyarakat meminta Pemerintah Kabupaten Malteng mencabut SK Raja yang bertentangan dengan adat, menghentikan segala bentuk kegiatan pemilihan raja, saniri negeri rakitan dibubarkan.

Mendengar keinginan masyarakat Negeri Tulehu, Camat Salahutu langsung menghungi Bupati kabupaten Malteng Abua Tuasikal melalui telepon selulernya, guna menyampaikan aspirasi rakyat ini.

Dalam perbincanangan dengan orang nomor satu di negeri Pamahanunusa, Tuasikal Abua meminta masyarakat Negeri Tulehu untuk bersabar sambil menungunggu Dirinya datang ke Negeri Tulehu untuk melaksanakan mediasi terkait masalah tersebut.Setelah mendengar apa disampaikan, warga akhirnya membubarkan diri dan mengangat seluruh puing-puing bangunan yang dipakai untuk memblokir jalan. (PM.007)

Komentar

Belum Ada Komentar