Kesbangpol KKT Lounching Aplikasi Simaste
Rabu, 30 November 2022
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Kesbangpol KKT Lounching Aplikasi Simaste

Saumlaki, Pelita Maluku.com - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kepulauan Tanimbar, menggelar Launching Aplikasi Sistim Informasi terpadu (Simaste) di Tanimbar. Rabu, (30/11/2022), tepatnya di Pandopo Kediaman Dinas Bupati Kepulauan Tanimbar, Jln. Ir. Soekarno, Kelurahan Saumlaki Utara, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimabar.


Sistem informasi ormas terpadu atau (Simaste), merupakan inovasi pada Badan Kesatuan Bangsa dan politik yang merupakan aplikasi berbasis website, guna meningkatkan kualitas Ormas OKP, termasuk partai politik yang memungkinkan Ormas OKP dan partai politik di Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Kepala Kesbangpol Kepulauan Tanimbar" Brampy Moriolkosu, SH mengatakan, aplikasi ini sebenarnya merupakan terobosan, untuk melakukan transformasi terhadap sistem pelayanan publik konvensional, yang selama ini diterapkan menjadi digitalisasi dengan mempertimbangkan aspek geografis, cakupan pada pelayanan dan rentang kendali pada Kabupaten Kepulauan Tanimbar sebagai Kabupaten Kepulauan. Sehingga mempermudah dan mempercepat pelayanan pendaftaran atau penyampaian laporan keberadaan Ormas OKP dan Partai Politik.


"Nilai tambah atau velyou dari gagasan strategis ini adalah simaste. merupakan aplikasi teknologi terbaru dalam pengembangannya berbasis online yang dapat dihubungkan dengan aplikasi manapun melalui application progress interface dari aspek keunggulan pelayanan,"ujar Moriolkosu.


img-1669811340.jpg

Dijelaskannya, pendaftaran dan penyampaian laporan tentang keberadaan Ormas OKP dan Parpol secara online dapat dilakukan dari manapun memangkas konsekuensi birokrasi yang berbelit, Ormas OKP dan Partai politik dapat memiliki akses untuk menyampaikan laporan kegiatannya ke dalam aplikasi untuk diketahui keaktifannya cukup dengan menggunakan handphone untuk digunakan pendaftaran.

Keunggulan lain dari aplikasi ini menurutnya, adalah data ormas OKP atau partai politik terkoneksi langsung dengan Toshiba dan bantuan keuangan pada partai politik, sehingga hanya ORMAS, OKP dan Parpol yang terdaftar dalam aplikasi ini dan terferifikasi yang dapat memiliki akses ke Toshiba atau bantuan keuangan kepada partai politik. Tambahnya.

Untuk itu Dirinya menghimbau, ORMAS, OKP dan Parpol segera mendaftarkan atau melaporkan keberadaannya secara online pada hari ini Rabu 30 November 2022 sampai dengan tanggal 10 Desember 2022.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kepulauan Tanimbar Ir. Messala Hutabarat mengatakan, informasi ini merupakan proyek perubahan yang dilakukan oleh kepala kesbangpol dalam kegiatan Diklat PIN 2. pengembangan sumber daya operator pemerintah merupakan hal yang sangat esensial dalam tata kelola pemerintahan yang baik.

Proyek perubahan sosial Informasi terpadu (simaste) merupakan inovasi pada persatuan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Kepulauan Tanimbar dalam tingkat kepemimpinan nasional 32 angkatan ke-25 yang diselenggarakan oleh badan pengembangan sumber daya manusia provinsi Maluku.

"Inovasi ini berupa aplikasi Online terbaru untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik kepada Ormas tetapi juga kepada Partai Politik yang memungkinkan ormas atau OKP atau partai politik berdasarkan organisasinya atau melaporkan keberadaannya secara Online di manapun dengan cepat dan lebih mudah,"jelas Hutabarat.


img-1669811367.jpg

Oleh karena itu saya berharap, pada Ormas dan Parpol dapat berkoordinasi dengan kesbangpol sehingga bisa membantu pemerintah daerah dalam melaksanakan visi misinya.

"Jadi harus ada koordinasi yang baik dengan Kominfo dengan Telkomsel dan lainnya mungkin sedikit masukan saja sehingga ketika ke depan ada lanjutan, supaya bisa berlangsung dengan baik dan dapat berguna bagi Ormas maupun Parpol di Kabupaten kepulauan Tanimbar". Tutupnya (Gilang)

Komentar

Belum Ada Komentar