Lailossa : Perbaikan SDM, Angka Pengangguran dan Kemiskinan di Maluku Menurun
Sabtu, 19 Februari 2022
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Lailossa : Perbaikan SDM, Angka Pengangguran dan Kemiskinan di Maluku Menurun

Ambon, Pelita Maluku.com - Meskipun kondisi Provinsi Maluku kurang stabil, akibat dari penyebaran Covid-19. Namun kita patut bersyukur bahwa pembangunan di Provinsi berjuluk seribu pulau ini tetap berjalan sebagaimana mestinya. 

Hal ini disampaikan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Maluku (Bapeda) DR. Anthon Adriaan Lailossa, kepada pers Jumat (18/02/22) kemarin diruang kerjanya.

Buktinya, berdasarkan data statistik angka kemiskinan di Maluku menurun dan ini Menurut Lailossa, terlihat pada indikator yang dipublikasikan. Dimana pertumbuhan ekonomi positif dalam dua bulan berturut-turut. 

Selain itu, angka penganguran juga menurun sebesar 6,93 persen. Sedangkan angka kemiskinan yang dulunya tertinggi di Indonesia dengan menempati rangking ke -10 kini menurun drastis.

Penurunan angka pengangguran dan kemiskinan Lanjut Lailossa, karena terjadinya perbaikan Sumber Daya Manusia pada bidang pendidikan, kesehatan serta bidang lainnya. Dalam indeks pembangunan, semua ini jelas Lailossa, patut kita syukuri sambil tetap mengevaluasi diri.

Untuk itu Lailossa memberikan apresiasi yang tinggi atas dibentuknya tim Gubernur percepatan pembangunan oleh orang nomor satu di provinsi ini , karena ini sebuah gebrakan baru dan langkah, sehingga terjalin komunikasi dan koordinasi dengan pusat untuk memperoleh dana  dana bangun Maluku.

"terjadi dinamika pembangunan masyarakat dari satu tempat ketempat lain itu pertanda ekonomi sangat membaik. Ini harus dipertahankan dan jaga bahkan ditingkatkan, dengan demikian masyarakat dimintakan untuk dapat mentaati protokol kesehatan. Bahkan yang belum vaksinasi berikan diri untuk divaksin, tingkatkan koordinasi dengan pusat efektifkan pembangunan daerah. Dorong eksport dibidang perikanan, pariwisata dan lainnya," ungkap Lailossa

Lailossa juga menambahkan, indek pembangunan manusia tahun 2021 sebesar 69, 71 persen dan ini terjadi peningkatan sebesar  0,32 persen bila dibandingkan dengan pencapaian tahun kemarin.

"Ini semua berkat kemampuan dari Gubernur yang miliki lobi ke pusat yang sangat baik. Hingga sekali lagi kita patut bersyukur  karena semua yang sudah baik ini. Sembari turut mintakan kepada seluruh masyarakat Maluku jauhkan diri dari tindakan tidak terpuji," ujar Lailossa (Onsal)

Komentar

Belum Ada Komentar