Mgr. Seno Ngutra, Uskup Pertama Dari Pastor Keuskupan Amboina
Rabu, 20 April 2022
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Mgr. Seno Ngutra, Uskup Pertama Dari Pastor Keuskupan Amboina

Ambon, Pelita Maluku.com - Setelah ditetapkan oleh Tahta Suci, Paus Fransiskus pada 8 Desember 2021 kemarin. Akhirnya Uskup Diosis Amboina yang baru yakni, Mgr. Seno Ngutra MSC siap ditahbiskan pada 23 April 2022.

Mgr. Seno Ngutra MSC, adalah Uskup pertama yang berasal dari Keuskupan Amboina. Sebelumnya semua Uskup di Keuskupan Amboina berasal dari tarekat Hati Kudus Yesus, atau yang dikenal dengan Missionarii Sacratissimi Cordis Iesu (MSC). Ungkap Ketua Panitia Penthabisan Uskup Diosis Amboina Pastor Ignasius Refo yang didamping Sekretaris Panitia Pastor Agus Arnold, Dalam keterangan Pers yang berlangsung di Keuskupan Amboina, Rabu (20/04/2022).

Menurutnya, Uskup bagi Gereja Katholik adalah pimpinan gereja katolik setempat yang bernama keuskupan. 

Uskup lanjut Ignasius, menjadi bagian dari jajaran para Uskup sedunia, yang mengemban tugas Rasul dan secara istimewa bertugas di Keuskupannya sebagai Nabi yang mengajar, imam yang memimpin perayaan ibadah dan pemimpin umat Katolik.

Bagi sebuah Keuskupan dalam Gereja Katolik, Kata Ignasius, peristiwa atau penetapan dan Penthabisan seorang Uskup adalah peristiwa yang langkah, mengingat sebuah Keuskupan hanya memiliki seorang Uskup sebagai pemimpin Keuskupan dan masa baktinya berlangsung sampai pada usia 75 Tahun.

Hukum Gereja (KHK Kanon 401) mengatur, seorang Uskup dapat mengundurkan diri dari jabatannya, jika dia sudah genap berusia 75 tahun (pasal 1) atau jika karena alasan kesehatan atau alasan lain yang berat , dia tidak bisa lagi menjalankan tugasnya dengan baik (pasal 2).

Dalam mempersiapkan Penthabisan Uskup Diosis Amboina, panitia Ungkap Ignasius mempersiapkan tahbisan ini secara baik dan sesuai dengan tata cara dan tradisi Katolik. 

Untuk itu dalam hubungan dengan tahbisan dimaksud, Panitia merangkaikan kegiatan tersebut selama 3 hari. Dihari pertama, pada 22 April 2022 digelar ibadah Vesper Agung di Gereja Katedral St. Fransiskus Xaverius Ambon. Prosesi iman ini dipimpin Uskup Manado Mgr. Benedictus Rolly Untu.

Ibadat Vesper Agung dilaksanakan dengan cara utama pengingkraran kesetiaan Uskup Seno Ngutra kepada Bapa Suci Paus Fransiskus dan pengganti-penggantinya. Dan Pengakuan iman Uskup terpilih untuk menerima dan mempertahankan ajaran Iman dan kesusilaan serta menyatakan janjinya untuk berpegang teguh pada ajaran Magisterium Gereja.

"Dalam ibadat Vesper Agung akan dinyanyikan Masmur-Masmur pujian atas karya Allah Yang Maha Agung bagi umat manusia dan bagi Gereja Keuskupan Amboina," ungkap Pastor Ignatius.

Selain itu dalam Ibadat Vesper Agung ini pula akan diberkati Insignia ( atribut penanda Uskup, seperti mitra, cincin, tongkat, kalung salib serta tahta Uskup) yang akan dipakai oleh Uskup baru dalam tugas penggembalaannya sepanjang hidupnya. 

Dihari kedua, Sabtu 23 April 2022 diadakan upacara Penthabisan Uskup oleh Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, Mgr. Piero Pioppo sebagai penthabisan utama.

"Uskup Petrus Canisius Mandagi sebagai sebagai penanis pertama dan Uskup Benedictus Rolly Untu sebagai penanis kedua.

Upacara penthabisan ini, akan dihadiri kurang lebih 25 Uskup dari Keuskupan di Indonesia, juga Perwakilan dari keuskupan yang Uskupn-ya tidak berkesempatan hadir, lebih dari 150 Pastor, 50 Biarawan, perwakilan dari wilayah-wilayah Gerejawi Keuskupan Amboina dan perwakilan paroki-paroki di Kota Ambon.

" Direncanakan ada 1000 orang yang mengikuti upacara Penthabisan ini," Rinci Pastor Ignatius Refo.

(Dihari Ketiga, diadakan Misa Episkopal, ini adalah Misa pertama dari Uskup Baru, dalam tugas dan penggembalaan sebagai Uskup. (PM.007)

Komentar

Belum Ada Komentar