Muin Solgarey Buka Kegiatan Pasar Murah
Senin, 13 Desember 2021
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Muin Solgarey Buka Kegiatan Pasar Murah

Dobo,Pelita Maluku.com - Menjelang Hari Raya Natal 2021dan Tahun Baru 2022 Pemerintah Daerah lewat Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kepulauan Aru menggelar pasar murah.

Pasar murah yang berlokasi di lapangan Yos Soedarso Dobo pada, Senin (13/12) di buka oleh Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Aru Muin Solgarey.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kepulauan Aru A.L.O Tabela dalam laporannya mengatakan, tujuan pelaksanaan pasar murah ini adalah untuk membantu masyarakat dengan penstabilan harga barang serta meringankan beban masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan sembako menjelang hari Natal dan Tahun Baru.

Ditambahkan Tabela bahwa ada subsidi yang diberikan Pemda sebesar 10% yang dibayarkan kepada penjual atau pedagang.

"Jadi ada subsidi yang diberikan Pemda sebesar 10% misalnya harga telur Rp.55.000 maka pedagang menjual dengan harga Rp.49.000 dan sisanya Rp 6.000 akan dibayarkan Pemda kepada para pedagang"kata Tabela.

Sementara itu Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Aru Muin Sogalrey dalam sambutannya mengatakan, kegiatan penting dan strategis yang diinisiasi oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian untuk kegiatan Operasi Khusus Pasar Murah, yang berlangsung mulai tanggal 13- 15 Desember 2021, merupakan rangkaian kegiatan lingkup Pemerintah Kabupaten Kepulauan Aru, menjelang hari raya Natal 2021 dan Tahun baru 2022.

"Kegiatan Pasar Murah yang diikuti oleh 10 distributor dan pengguna tol laut dengan subsidi 10% untuk barang kebutuhan pokok (beras, gula, minyak goreng, tepung, telur, dan lain-lain).Terkait dengan itu, saya menyampaikan apresiasi dan dukungan atas terselenggaranya kegiatan ini."kata Wakil Bupati.

Menurut Sogalrey Fluktuasi harga suatu barang dipengaruhi oleh sejumlah faktor, pada umumnya faktor supply dan demand. Sudah lazim dan sesuai hukum ekonomi, jika menjelang hari-hari besar

keagamaan, baik Idul Fitri maupun Natal, sering terjadi lonjakan harga, yang sangat mempengaruhi beli dari masyarakat. 

"Menyikapi kondisi tersebut, maka Pemerintah Daerah melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian melakukan operasi khusus pasar murah menjelang Hari Natal 25 Desember 2021 dan Tahun Baru 01 Januari 2022 nanti, yang pembukaannya dilaksanakan di hari ini," Ungkap Solgarey.

Penyelenggaraan operasi khusus pasar murah tahun ini, merupakan kelanjutan dari pelaksanaan pasar murah menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah yang telah di lakukan pada tanggal 06 – 08 Mei lalu dan tahun-tahun sebelumnya, dengan tujuan untuk meningkatkan daya beli masyarakat, dimana harga barang yang dijual pada event pasar murah ini 10% dibawah harga distributor, yang merupakan subsidi dari Pemerintah Daerah"jelas Sogalrey.

Lanjut Sogalrey Pemerintah Daerah sangat mengharapkan agar kegiatan seperti ini bukan hanya selebrasi belaka yang hanya mengimplementasikan program dan kegiatan tahunan pemerintah saja, tetapi nilai yang lebih diutamakan dalam pelaksanaan kegiatan adalah nilai berbagi kepada sesama yang membutuhkan, dan juga sebagai media berbagi kasih di minggu-minggu adventus ini.

Solgarey juga sangat mengapresiasi keterlibatan para distributor dalam kegiatan dimaksud.

"Terkait keterlibatan para distributor demi suksesnya pelaksanaan pasar murah ini, saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tulus. Besar harapan kami semoga

penyelenggaraan pasar murah dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian ini, akan mengurangi beban masyarakat menjelang hari raya Natal dan Tahun Baru 2022"ucapnya.

Dijelaskan Wabup, ditengah masalah kesehatan Global yang dihadapi oleh dunia dan bangsa kita, maka dihimbau kepada semua pelaku dunia usaha untuk bersama menghayati minggu-minggu Adventus ini dengan mendedikasikan karya kita dengan bersama Pemerintah pusat dan daerah ber-kolektif melakukan tindakan preventif secara massif dalam pencegahan penyebaran virus Covid-19, dengan melakukan 5M (Memakai masker, Menjaga Jarak, dan Mencuci Tangah di Air yang mengalir, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas) serta melakukan vaksinasi. Karena pencegahan dan deteksi Kerawanan Penularan Covid-19 dapat di optimalkan membutuhkan partisipasi aktif pelaku dunia pasar dan usaha, maka saya berharap kita semua dapat mengadvokasi masyarakat agar patuh terhadap protokol kesehatan yang dapat menyebabkan penularan virus Corona di masyarakat.

Diakhir sambutannya Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Aru ini menyampaikan ucapan Selamat memasuki Minggu Adventus bagi umat kristiani di Aru.

"Lewat moment ini, Izinkanlah saya dan keluarga mengucapkan selamat memasuki minggu-minggu Adventus bagi seluruh umat Kristiani se-Kabupaten Kepulauan Aru.Saya juga menghimbau agar marilah kita semua menjaga keamanan dan ketertiban sehingga minggu-minggu adventus yang penuh berkah cinta kasih damai Natal ini dapat meningkatkan spiritualitas kita bersama dalam memasuki hari raya Natal dengan baik dan penuh sukacita.Akhirnya, dengan senantiasa memohon petunjuk dan tuntunan dari Tuhan Yang Maha Kuasa, kegiatan Operasi Pasar Murah dalam rangka menjelang Hari Raya Natal 25 Desember 2021 dan Tahun Baru 01 Januari 2022, saya nyatakan dibuka secara resmi" ungkapnya.(Rangga)

Komentar

Belum Ada Komentar