Museum Siwalima Gelar Lomba Literasi koleksi Bagi Kaum Milenial
Senin, 06 Juni 2022
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Museum Siwalima Gelar Lomba Literasi koleksi Bagi Kaum Milenial

Ambon, pelita Maluku.com - Museum Siwalima mengggelar lomba literasi koleksi museum Siwalima tahun 2022, dengan tema" koleksi museum kaum milenial". Kegiatan ini di ikuti kurang lebih 20 peserta yang berasal dari siswa - siswi SMU di kota Ambon, kegiatan ini berlangsung dari tanggal 6 sampai 10 Juni 2022 di gedung teater museum Siwalima Air Salobar, Kecamatan Nusaniwe Ambon.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman generasi muda, tentang koleksi museum, sehingga para siswa mempunyai kemampuan untuk mendalami informasi tentang koleksi museum serta membagikan informasi ide dan gagasan tentang koleksi museum, agar para siswa dapat menjadi sahabat dari museum khususnya museum Siwalima itu sendiri.

Kepala museum Siwalima Ambon, Darwin Jacob Lawalata kepada media ini mengatakan, lomba literasi koleksi museum Siwalima tahun 2022 iniĀ  bertujuan untuk memperkenalkan kepada generasi milenial, sekaligus menggali lebih dalam kandungan informasi, tentang nilai yang telah diwariskan oleh leluhur yang kini masih relevan dengan kehidupan di jaman yang serba maju ini," tuturnya.

Hal ini akuinya, pesatnya perkembangan teknologi tidak menghilangkan atau mengurangi esensi dan hakekat serta fungsi museum, sehingga kini Museum tetap mempunyai fungsi guna mengumpulkan, menyimpan, merawat, meneliti, memamerkan dan mengkomunikasikan koleksi museum kepada masyarakat.

img-1654515817.jpg

Lebih lanjut dijelaskan Lawalatta, museum bukan hanya sebatas tempat penyimpanan benda peninggalan masa lalu, tetapi lebih dari itu museum merupakan rumah peradaban dan kebudayaan bangsa Indonesia, ruang ide dan kreatifitas tempat belajar dan berekspresi tempat yang menginspirasi dan ruang tempat perenungan tentang kejayaan leluhur kita di masa lalu.

Guna mengkomunikasikan koleksi yang ada di Museum Siwalima kepada masyarakat, maka museum Siwalima melaksanakan kegiatan lomba literasi sebagai upaya memperkenalkan koleksi Siwalima kepada generasi milenial.

Lomba literasi koleksi museum tingkat SMA/SMK/MAN/ se - kota Ambon saat ini merupakan program publik museum Siwalima yang didanai dana alokasi khusus non fisik bantuan operasional tahun 2022," ungkapnya.(onsal)

Komentar

Belum Ada Komentar