Pembangunan Puskesmas Afirmasi Lorulun Percepat  Sistem Pelayanan Kesehatan di KKT
Rabu, 05 Agustus 2020
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Pembangunan Puskesmas Afirmasi Lorulun Percepat Sistem Pelayanan Kesehatan di KKT

Saumlaki, Pelita Maluku.com - Pemerintah terus berupaya membenahi serta menyediakan berbagai fasilitas kesehatan yang layak dan nyaman, dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, khususnya masyarakat di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, sebagai salah satu daerah perbatasan di Indonesia. 

Sehubungan dengan itu, melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Afirmasi Tahun Anggaran 2020, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar membangun beberapa gedung Puskesmas yang representatif salah satunya Puskesmas Lorulun  untuk bisa melayani masyarakat di daerah ini.

Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar,Drs. Ruben B. Morioulkossu, MM pada Selasa (04/08/20), kemarin meletakan Batu Pertama Pembangunan Puskesmas Afirmasi Lorulun Kecamatan Wertmrian. 

img-1596593285.jpg

Turut hadir mendampingi Penjabat Sekda, Asisten Bidang Administrasi Umum, dan sejumlah Pimpinan SKPD, Camat bersama Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Wertamrian, serta undangan lain.

Bupati dalam sambutannya, yang disampaikan Penjabat Sekda menyatakan, pihaknya menyambut baik peran serta semua pihak dalam membangun daerah ini sehingga Kabupaten KKT kedepan lebih maju dan sehat, sesuai dengan tugas, fungsi dan tanggung jawab masing-masing.

Bupati berharap, melalui pembangunan yang dilakukan saat ini, akan mempercepat terwujudnya sistem pelayanan kesehatan, di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, khususnya di Kecamatan Wertamrian.

img-1596593318.jpg

Dikatakan, pembangunan gedung Puskesmas Afirmasi di Kecamatan Wertamrian, merupakan langkah yang tepat dan strategis dalam memenuhi ketersediaan sarana dan prasarana kesehatan yang memadai, sebagai upaya mengejar ketertinggalan khususnya dibidang kesehatan, sehingga peningkatan derajat kesehatan masyarakat di Kecamatan Wertamrian, benar-benar diwujudkan.

“Saya selaku Pemerintah Daerah dan pribadi menyambut baik dimulainya pembangunan Gedung Puskesmas Afirmasi di Kecamatan Wertamrian. Seiring dimulainya pembangunan gedung Puskesmas ini, saya berharap, Pemerintah Kecamatan Wertamrian beserta jajarannya untuk terus mendukung pembangunan kesehatan, agar nantinya sarana kesehatan ini benar-benar berfungsi untuk peningkatan derajat kesehatan, agar menjadi manusia Kepulauan Tanimbar, khusus Kecamatan Wertamrian yang sehat” jelas Bupati.

Dilanjutkan bahwa pembangunan sarana dan prasarana kesehatan sudah dilakukan oleh Pemerintah Daerah di berbagai kecamatan. Olehnya itu karena itu Pemerintah Daerah berharap, dengan adanya pembangunan sarana dan prasarana kesehatan, khususnya Puskesmas sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan di masing-masing kecamatan dapat dimaksimalkan pemanfaatannya.

“Kita sadari, bahwa dana sebesar 7 milyar lebih yang dikucurkan tidaklah sedikit. Karena itu, pembangunan Puskesmas di Kecamatan Wertamrian ini, harus dilaksanakan dengan baik. Saya minta seluruh pengawas, agar dapat melakukan pengawasan secara baik” tegasnya

Ditambahkan pengalaman membuktikan, bahwa pembangunan berbagai infrastruktur khusus infrastruktur kesehatan, masih terdapat banyak persoalan,  ada yang pembangunannya tidak selesai, bahkan ada pembangunan yang telah selesai namun ketika digunakan baru beberapa tahun sudah mengalami kerusakan, bebernya.

img-1596593347.jpg

Karena itu, perlu adanya kerja sama yang baik dari kita semua, terutama soal pengawasan terhadap pembangunan yang akan dilaksanakan.

“Sekali lagi saya harapkan, Kepala Dinas Kesehatan beserta jajarannya betul-betul bertanggung jawab untuk melaksanakan pengawasan  terhadap pembangunan Puskesmas Lorulun ini, agar manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan,” harapnya.

Usai pembacaan sambutan Bupati, selanjutnya dilanjutkan dengan peletakan batu pertama oleh Pastor, Pj. Sekda dan Forkopinda Wertamrian yang diawali dengan doa adat yang dipimpin oleh tua-tua adat setempat (Gilang)




Komentar

Belum Ada Komentar