Pemprov Apresiasi Kinerja Kabupaten/Kota Cegah Penyebaran Covid - 19
Sabtu, 28 Maret 2020
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Pemprov Apresiasi Kinerja Kabupaten/Kota Cegah Penyebaran Covid - 19

Ambon, Pelita Maluku.com - Koordinator Gugus Tugas pencegahan dan percepatan penanganan Covid - 19 Provinsi Maluku, Kasrul Selang, memberikan apresiasi terhadap kinerja Pemerintah Kabupaten/Kota, dalam upaya pencegahan dan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

Pernyataan Kasrul, guna menjawab pertanyaan Wartawan yang menyinggung soal data Orang Dalam Pantauan (ODP) di sejumlah Kabupaten/Kota di Maluku, yang terus meningkat menjadi 104 orang.

Kepada wartawan di ruang kerjannya, Kasrul menilai bahwa, dengan teridentifikasi orang sebagai ODP, itu menandakan bahwa aktifitas pengawasan di pintu masuk maupun keluar, baik laut maupun udara semakin ketat

" Itu berarti pintu-pintu masuk telah dijaga sangat ketat. Kami mengapresiasi teman-teman di kabupaten kota, walikota dan Bupati serta Gugus Tugas yang bergerak sangat cepat," ungkap Kasrul.

Ia mencontohkan pada Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), yang teridentifikasi ODP nya cukup banyak.

Dijelaskan Selang, orang dengan status ODP, belum dilakukan tindakan medis dengan menggunakan perlengkapan alat pelindung diri (ADP) oleh petugas medis, terkecuali telah menjadi pasien. Dan orang dengan status ODP akan diedukasi agar dapat melakukan isolasi mandiri di rumah.

"Jadi mereka, kita berikan edukasi karena mereka rentan jika kemana-mana. Ini yang kita apresiasi kepada teman-teman di kabupaten kota agar bergerak dengan cepat," kata Kasrul mengapresiasi

Untuk itu, apa yang telah dilakukan ini merupakan antisipasi awal yang akan di ikuti dengan langkah-langkah preventif berupa pencegahan dan sosialisasi, serta  antisipasi kedepan.

Termasuk adanya laporan bahwa, ada dua pasien dalam pengawasan (PDP) yang berada di Dobo, Kasrul mengatakan, akan ada petugas yang akan mengambil sampel dari dua PDP tersebut, untuk kemudian dikirimkan ke Jakarta.

"Mungkin besok (Sabtu 28 Maret) akan ada petugas yang akan kesana untuk mengambil sampel, dan selanjutnya akan dikirim ke Jakarta," tandas Kasrul.(PM.007)

Komentar

Belum Ada Komentar