Pemprov Maluku Beri Bonus Atlet Berprestasi di Ajang PON XX dan PEPARNAS XVI Papua Tahun 2021
Jum'at, 03 Desember 2021
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Pemprov Maluku Beri Bonus Atlet Berprestasi di Ajang PON XX dan PEPARNAS XVI Papua Tahun 2021

Ambon, Pelita Maluku.com - Pemerintah Provinsi Maluku melalui Dinas Pemuda dan Olahraga, menyelenggarakan acara Syukuran dan Penyerahan Piagam Penghargaan serta Pemberian Bonus kepada para atlet dan pelatih yang berprestasi di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpic Nasional (PEPARNAS) XVI Papua Tahun 2021. Syukuran dan penyerahan bonus tersebut berlangsung di lantai tujuh Kantor Gubernur, Jumat, (03/12/2021).      

Gubernur Provinsi Maluku Murad Ismail dalam sambutannya mengatakan, merupakan suatu kebanggaan dan kebahagiaan baginya, dapat hadir di acara tersebut, sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan yang tinggi dari pemerintah dan masyarakat Maluku kepada pahlawan olahraga (Atli dan pelatih) yang telah mengharumkan nama daerah.

"Demi Allah saya terharu, dengan jumlah atlet yang luar biasa sedikit, tapi bisa memberikan nama harum Maluku. Di sisa hidup, saya ingin ada sesuatu yang saya buat buat Maluku secara keseluruhan dan ada manfaat yang bisa saya buat untuk daerah ini. Juga Maluku bisa bersaing dengan provinsi lain. Hanya itu, tidak ada yang lain,” kata Gubernur. 

Dirinya pun mengucapkan selamat kepada para peraih medali emas, perak dan perunggu. Ia menginginkan, nantinya di PON ke-21 dan Peparnas ke-17 yang diselenggarakan di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara, prestasi atlit Maluku bisa jauh lebih baik.

Gubernur berharap, pembagian bonus ini memberikan semangat dan motivasi, sehingga para atlit dan pelatih akan berjuang lebih keras lagi kedepannya, demi prestasi yang lebih tinggi dan membanggakan untuk Maluku.

Gubernur mengaku bangga kepada para atlit dan semua pihak terkait. Mereka dinilai telah berjuang untuk provinsi Maluku, sembari terus mengejar pundi-pundi emas pada event berikutnya. Mereka juga diingatkan untuk tidak berpuas diri, melainkan terus menunjukan prestasi lebih tinggi dan mampu meraih prestasi di event selanjutnya. 

“Atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Maluku, kami sampaikan penghargaan dan terima kasih yang luar biasa kepada KONI, Nasional Paralimpik Komite, pimpinan kontingen Pengurus Cabang Olahraga, para pelatih, official serta para atlit atas kesuksesan prestasi yang diperoleh pada PON XX dan Peparnas XVI Papua,” tutup Gubernur. 

Sebagai informasi, di kesempatan ini, tiga atlet PON XX Papua penerima bonus dari Guberur Maluku secara simbolis adalah Alvin Tehupeiory dari cabang olahraga Atletik, peraih medali emas, menerima bonus senilai Rp. 200 juta. Disusul Welmi Pariama dari cabang olahraga Tinju, peraih medali perak, menerima bonus senilai Rp. 150 juta. Sedangkan Yulia Tomasoa dari cabang olahraga Muaythay, peraih medali perunggu, menerima bonus senilai Rp. 100 juta. 

Sementara tiga atlet PEPARNAS XVI Papua penerima bonus dari kepala daerah secara simbolis adalah Barce. E Layaba dari cabang olahraga Tenis Meja, peraih medali emas, menerima bonus senilai Rp. 200 juta. Disusul C. Misael Ruhulessin dari cabang olahraga Atletik, peraih medali perak, menerima bonus senilai Rp. 150 juta. Sedangkan Nyong Wally dari cabang olahraga Renang, peraih medali perunggu, menerima bonus senilai Rp. 100 juta. 

Secara umum, bonus yang diberikan Pemprov Maluku kepada para atlet PEPARNAS XVI Papua yakni, 5 atlet cabang olahraga Tenis Meja senilai Rp. 700 juta, 5 atlet cabang olahraga Renang senilai Rp. 600 juta, 3 atlet cabang olahraga Atletik senilai Rp. 450 juta, 1 atlet cabang olahraga Menembak senilai Rp. 150 juta.

Sedangkan bonus untuk para atlet PON XX Papua untuk cabang olahraga Dayung :

1. Memo, peraih medali emas (Single Sculls M1X Putra) mendapat bonus Rp. 200 juta. 

2. Memo dan Asuhan Pattiha, peraih medali emas (Double Sculls M1X Putra), mendapat bonus Rp. 200 juta. 

3. Chelsea Corputty, peraih medali emas (Light Weight Single Sculls LW2X Putri), mendapat bonus Rp. 200 juta. 

4. Chelsea Corputty, Arni Siva Pattipeilohhy, Maria Florensia Bahy dan Issa Behuku meraih medali perak (Quadraple Sculls W4X Putri), mendapat bonus Rp. 150 juta. 

5. Chelsea Corputty dan Arni Siva Pattipeilohhy meraih medali perak, (Light Weight Double Sculls LW2X Putri), mendapat bonus Rp. 150 juta. 

6. Maria Florensia Bahy dan Arni Siva Pattipeilohhy meraih medali perunggu, (Double Sculls M1X Putra) mendapat bonus Rp. 100 juta. 

Untuk cabang olahraga Tinju : 1. Yulius Frando Lumoly (Emas), kelas 52-56 Kg Putra, mendapat bonus Rp. 200 juta.

2. Welmy Pariama (Perak), kelas 60-64 Kg Putri, mendapat bonus Rp. 150 juta. 

3. Novi Sahuleka (Perunggu), kelas 49-52 Kg Putra, mendapat bonus Rp. 100 juta.

Cabang olahraga Muathay :

1. Chintana Difinubun (Perunggu), kelas 60 Kg Putri, Rp. 100 juta.

2. Yulia Tomasoa (Perunggu), kelas 54 Kg Putri, Rp. 100 juta.

Atletik : Alvin Tehupeiory (Emas), lari 400 meter gawang putri, Rp. 200 juta.

Selam : Astrid Marsella Teng (Perak), 5 Point Course Laut Putri, Rp. 150 juta.

Karate : Hengky. H Berhitu (Perunggu), Kumite-Under 55 Kg Putra, Rp. 100 juta.

Kempo : Moh. Yamin Rahayaan (Perunggu), Rondari 70 Kg Putra, Rp. 100 juta. 

Acara ini dihadiri, Plh. Sekda Maluku Sadali Ie, Kadis Pemuda dan Olahraga Sandi Wattimena, Rektor Unpatti Ambon Saptenno, Kakanwil Kemenag Maluku Djamaluddin Bugis, Bupati Kabupaten Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun, Bupati SBB Timotius Akerina, Bupati Malteng Abua Tuasikal, Bupati KKT Petrus Fatlolon, Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas dan undangan lainnya. (PM.007).

Komentar

Belum Ada Komentar