Penumpang KM. NGAPULU di Dobo, Diminta Karantina Mandiri Selama 14 Hari
Senin, 13 April 2020
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Penumpang KM. NGAPULU di Dobo, Diminta Karantina Mandiri Selama 14 Hari

Kepulauan Aru, Pelita Maluku.com - Dalam rangka melakukan pencegahan terhadap masuknya Virus Corona di Kabupaten Kepulaun Aru, Bupati Kepulauan Aru dr. Johan Gonga selaku Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19, menghimbau kepada seluruh penumpang KM. Ngapulu yang baru tiba di Kota Dobo pada hari Selasa 31 Maret 2020, agar segerah melakukan karantina mandiri di rumah masing-masing selama 14 hari, terhitung mulai tanggal 31 Maret s/d 13 April 2020.

Dalam pengumuman resmi Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 yang di bacakan Pegawai Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Aru dari kompleks ke kompeks di Pusat Kota Dobo dan sekitarnya, Rabu (01/04/2020), menghimbau kepada seluruh penumpang KM. Ngapulu yang baru tiba di Dobo, agar selama menjalani masa karantina mandiri di rumah dapat melakukan hal-hal sebagai berikut antara lain , menempati kamar atau rungan terpisah dari keluarga lainnya, menjaga jarak komunikasi atau berbicara dengan keluarga diatas 2 Meter dengan tidak berhadapan wajah secara langsung.

Tidak berjabat tangan atau bersentuhan dengan keluarga dan memakai masker bila batuk atau bersin. Alangkah baiknya menggunakan Hendpone bila bicara dari ruang isolasi mandiri dengan keluarga.

Menghindari untuk berkunjung ke tetangga atau ke tempat keramaian yang terdapat banyak orang, seperti kerumuman di Pasar, Pertokoan, Tempat Ibadah, Bank, Pesta, Perkantoran, Kantin, Pelabuhan, Bandar Udara, Mobil Angkot atau Motor Laut dan lain-lain. Dan berjemur atau beraktifitas di bawah matahari pagi pukul 10.00 – 11.00 kurang lebih 15-20 menit setiap hari.

Selain itu, jika selama masa karantina ada muncul gejala-gejala sakit seperti, batuk, sesak nafas, flu, sakit tenggorokan, demam, diare, sakit menelan dan lemas, segerah mendatangi fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan lebih lanjut.

Disamping itu, perlunya menjaga kebersihan dengan mandi atau mencuci tangan dan wajah lebih sering sebelum dan sesudah kerja, sebelum dan sesudah makan dengan menggunakan sabun, menghindari menyentuh mulut, hidung dan mata tanpa mencuci tangan sebelumnya dengan sabun, dan mengkonsumsi makanan bergizi dengan porsi buah-buahan dan sayur yang lebih banyak.

Pengumuman ini bersifat perintah untuk dilaksanakan demi menjaga kesehatan dan keselamatan bersama di Kabupaten Kepulauan Aru.(PM.12)


Komentar

Belum Ada Komentar