Prajurit TNI AL Lantamal VII dan Yonmarhanlan VII Bantu Warga Bencana Puting Beliung
Sabtu, 02 Maret 2019
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Prajurit TNI AL Lantamal VII dan Yonmarhanlan VII Bantu Warga Bencana Puting Beliung

Kupang – Pelita Maluku.com - Prajurit Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut ( Lantamal ) VII dan Prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan ( Yonmarhanlan ) VII di bantu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kupang dan Batalyon 743 TNI AD serta Masyarakat Liliba gotong royong membantu Warga Liliba Kota Kupang yang rumahnya terkena bencana angin puting beliung Sabtu (02/03/2019)

Di Lokasi terdampak bencana Prajurit TNI AL Lantamal VII dan Marinir melaksanakan perbaikan atap - atap rumah warga yang rusak akibat di terjang angin, dengan tujuan, agar Warga dapat segera kembali ke rumah masing - masing dan beraktivitas kembali.

Angin puting beliung pada Kamis (28/2) merusak 184 rumah warga di dua kelurahan, yakni Kelurahan Liliba dan Penfui, Kota Kupang. Rumah-rumah penduduk yang rusak tersebut umumnya mengalami kerusakan pada bagian atap, karena terbawa angin serta plafon rumah karena terkena hujan.

img-1551538052.jpg

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut ( Danlantamal ) VII Brigadir Jendral TNI ( Mar ) Kasirun Situmorang, S.H.  kepada wartawan mengatakan,  Gubernur NTT saat itu menghubungi Dirinya, agar Jajaran TNI dan Polri Wilayah NTT dapat membantu pembangunan Atap - atap rumah milik warga.

Mendengar permintaan tersebut  pihaknya Langsung memerintahkan Wadan Lantamal VII dan Komandan Yonmarhanlan VII untuk membantu warga, Prajurit Lantamal TNI AL VII langsung bergerak menuju lokasi bencana, dimulai dari Jumat sampai dengan dinyatakan selesai akan terus menerus membantu Korban bencana Puting Beliung. “ Kata Danlantamal.

Prajurit TNI AL Lantamal VII selain melaksanakan perbaikan Atap, juga menyisir rumah yang roboh dan membersihkan puing - puing kayu serta membantu warga mengambil barang - barangnya yang tertimbun bangunan serta memberikan bantuan psikologi kepada warga,  agar warga tetap tenang, tetap semangat dan tidak larut dengan keadaan dan meyakinkan semua akan berangsur normal kembali.

Prajurit Lantamal VII gabungan dengan unsur TNI AD ( Prajurit Yon 743 dan Koramil Pasir Panjang ) berjumlah sekitar kurang lebih 150 Prajurit terbagi menjadi 3 Kelompok Tugas untuk membantu perbaikan yaitu 2 kelompok di RT 18 ( 2 lokasi ) dan 1 kelompok di RT 33 ( 1 Lokasi ).

Nikolaus Burak Tukan dan  Robertus Rass salah satu warga yang rumahnya roboh karena angin puting beliung menyampaikan, apresiasi yang tinggi atas bantuan TNI Dari Angkatan Laut dan Angkatan Darat, karena sangat membantu kami warga disini. “. Katanya.

Menurut informasi dari BMKG Kota Kupang beberapa hari ke depan masih ada potensi terjadinya angin kencang. Tidak bisa diprediksi apakah angin puting beliung atau angin kencang, yang pasti ada potensi angin kencang, sehingga warga sebaiknya tetap waspada. (PM.06)

 

Komentar

Belum Ada Komentar