Sekda Optimis Target Stunting Turun 6,1% di Tahun 2024

Sekda Optimis Target Stunting Turun 6,1% di Tahun 2024

Ambon, Pelita Maluku.com - Membahas persiapan pelaksanaan program dan kegiatan Tahun 2023, Pemerintah Provinsi Maluku menggelar rapat sekaligus Sosialisasi Stunting Bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup Pemerintah Provinsi Maluku, pada Kamis (26/1/2023), yang berlangsung di Ruang Rapat Lantai 6 Kantor Gubernur Maluku.

Hadir pada kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Maluku Sadali Ie, Ketua TP-PKK Provinsi Maluku Widya Pratiwi Murad, para Staf Ahli Gubernur, Asisten Sekda, serta Pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Provinsi Maluku.

Dalam Kesimpulannya Sekda mengatakan, beberapa hal penting yang harus diketahui oleh para ASN, diantaranya pengetahuan Stunting sangat perlu dipahami oleh seluruh ASN Lingkup Pemerintah Provinsi Maluku.

“Nantinya akan dilakukan sosialisasi secara berjenjang, yang akan diatur lebih lanjut oleh Kepala BKD Provinsi Maluku, sehingga diharapkan nantinya seluruh ASN bisa menjadi agen-agen stunting di lingkungannya.” Ujar Sadali.

Menurut Sekda, capaian pembangunan yang sudah dicapai oleh Pemerintah Daerah, harus dibuat dalam suatu dokumen resmi dan dibukukan oleh pihak Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Provinsi Maluku.

“Buku yang dibuat nantinya harus dibagikan kepada pimpinan OPD, untuk selanjutnya diinformasikan kepada seluruh ASN, karena keberhasilan yang sudah dicapai ini harus dipahami juga oleh para ASN, agar capaian pembangunan Pemerintah Daerah bisa diketahui oleh seluruh lapisan masyarakat.” Tambahnya.

Menjelang tahun politik 2024 ini juga, Sadali mengatakan, nantinya perlu dilakukan dialog guna menjaga keseimbangan informasi di masyarakat.

“Jika ada info hoax yang beredar dimasyarakat, OPD terkait dibidangnya, harus segera menanggapi info hoax tersebut, agar masyarakat bisa memperoleh informasi yang sebenar-benarnya.” Tegas Sadali.

Selain itu, berbicara terkait stunting, lanjut Sekda di perlukan Inspirasi Konvergensi Stunting, agar target untuk menurunkan 6,1% di Tahun 2024 bisa dicapai, dibawah komando Duta Parenting.

“Diharapkan seluruh OPD mendukung Gerakan Penanganan Stunting, yang merupakan program strategis nasional sesuai arahan Presiden yang berada pada urutan ke-4, makanya konvergensi itu penting dilakukan.” Harapnya.

Menutup kesimpulannya Ia mengatakan, perlu juga dilakukan Desa Binaan (DABIN) yang merupakan salah strategi yang harus didukung Bersama.

“Mari kita berkoordinasi, menjadi satu tim. karena Pemerintahan ini bisa sukses apabila kita semua Bersatu, menggerakan seluruh tenaga dan pikiran, untuk mewujurkan apa yang menjadi impian Pemerintah Daerah, guna mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat Maluku yang sama-sama kita cintai.” Tutupnya. (PM.007)

Sumber : https://pelitamaluku.com/sekda-optimis-target-stunting-turun-6-1-di-tahun-2024-detail-446519