Tim Panalogi Dari Unpatti Raih Juara Pertama Bedah Koleksi Museum Siwalima

Tim Panalogi Dari Unpatti Raih Juara Pertama Bedah Koleksi Museum Siwalima

Ambon, Pelita Maluku.com - tim Panalogi dari Kampus Universitas Pattimura (Unpatti) berhasil raih juara pertama lomba bedah koleksi museum siwalima 2022 dengan jumlah nilai 2505.

Kelompok ini mampu dan membedah serta mempersentasikan kajian mereka pada lomba bedah koleksi museum siwalima Ambon dengan baik.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Hussein pada penutupan kegiatan Lokakarya dan Lomba Bedah Koleksi Museum Siwalima Ambon tahun 2022, pada Senin (11/07/2022) di halaman museum siwalima Ambon.

img-1657531161.jpg

Dikatakannya, Museum Siwalima hadir sebagai rumah tua orang Maluku memiliki tugas untuk menyebarluaskan informasi benda sejarah, dari berbagai ragam bentuk warisan budaya nusantara dengan memanfaatkan koleksi Museum Siwalima dalam berbagai bentuk kegiatan dan salah satunya lewat kegiatan lokakarya dan lomba bedah koleksi museum siwalima tahun 2022.

Menurutnya, kegiatan ini bernaung dalam sebuah tema " identitas lokal budaya dan sejarah orang maluku " yang merujuk pada lima koleksi pilihan yakni Meajid Wapauwe, Gereja Tua Imanuel, Sosoki, Kora-Kora Titawai, dan Baileo.

Tujuan kegiatan ini dilakukan, guna meningkatkan pemahaman para peserta tentang identitas lokal sebagai jati diri bangsa dalam catatan sejarah dan budaya orang maluku melalui koleksi- koleksi museum siwalima.

img-1657531212.jpg

Pada kesempatan itu pula, Dirinya, berterima kasih kepada narasunber yang berperan sebagai dewan juri yakni, Johan Pattiasina, Ibu Sahusilawane, yang sebelumnya telah memberikan materi terkait koleksi museum yang dilombakan kepada 30 peserta yang berasal dari beberapa kampus di Kota Ambon, sehingga paparan sejarah dan budaya serta pesan moral yang termuat dalam koleksi dapat dihasilkan secara ilmiah dan dipresentasikan oleh para peserta dengan baik" ungkapnya. (Onsal)

Sumber : https://pelitamaluku.com/tim-panalogi-dari-unpatti-raih-juara-pertama-bedah-koleksi-museum-siwalima-detail-443278