Sekda Maluku Ikuti Arahan Presiden Joko Widodo Dalam Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan Tahun 2023
Senin, 06 Februari 2023
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Sekda Maluku Ikuti Arahan Presiden Joko Widodo Dalam Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan Tahun 2023

Ambon, Pelita Maluku.com - Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Sadali Ie mengikuti arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, tentang Penguatan Sektor Jasa Keuangan dalam Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan Tahun 2023, yang di selenggarakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) secara virtual di Kediaman Gubernur Maluku, Senin (6/2/2023). 

Pertemuan dihadiri Menteri Kabinet Indonesia Maju, Pimpinan Lembaga Tinggi Negara, Pimpinan MPR/DPR/DPD RI, Ketua Dewan Komisioner OJK, Mahedra Siregar serta para Gubernur se-Indonesia. 

Dalam acara bertema "Penguatan Sektor Jasa Keuangan dalam Menjaga Pertumbuhan Ekonomi", Presiden Jokowi menekankan beberapa point peting di antaranya meminta, OJK untuk memberikan dukungan penuh bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). 

Penekanan Presiden Jokowi, sebab sektor inilah yang menjadi kekuatan bagi negara dan memberikan kesempatan kerja bagi rakyat.

"Saya ingin agar dukungan terhadap sektor UMKM itu diberikan perhatian yang lebih, karena kekuatan kita ada disini. Berikan suntikan kepada mereka sebanyak banyaknya, namun dengan kehati- hatian yang tinggi, karena di sektor inilah yang memberikan peluang kesempatan kerja kepada rakyat," kata Presiden mengingatkan.

Selain itu, dalam arahannya Presiden juga menekankan, konsistensi hilirisasi menjadi kunci bagi Indonesia untuk melompat dari negara berkembang menjadi negara maju. Mengingat nilai tambah yang dihasilkan hilirisasi sangat besar.

Mengilas balik, Presiden menjelaskan bahwa pada tahun 2018, Indonesia masih berada di jajaran lower middle income country atau negara berpenghasilan menengah ke bawah. Kemudian sempat masuk ke jajaran upper middle income country atau negara berpenghasilan menengah ke atas dan kembali menurun akibat pandemi. 

"Dan di tahun 2022, Indonesia sudah kembali naik menjadi upper middle income country, sehingga inilah yang harus terus secara konsisten kita dorong agar naik terus PDB kita. Ini yang kita harapkan betul-betul. Kita harus bisa melompat maju ke depan. Hilirisasi menjadi kunci bagi negara ini, kalau kita ingin menjadi negara maju. Di semua komoditas, baik itu yang namanya CPO, Minerba, baik yang berasal dari sumber daya alam laut kita, semuanya kita hilirkan,"tegas Presiden.

Untuk itu, Presiden kembali meminta dukungan OJK untuk dapat memberikan sosialisasi mengenai pentingnya hilrisasi. (PM.007)

Komentar

Belum Ada Komentar