Setahun Jabat Kapolda Maluku, Gubernur Akui Pengabdian Irjen Pol Refri Andri Untuk Maluku
Selasa, 04 Januari 2022
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Setahun Jabat Kapolda Maluku, Gubernur Akui Pengabdian Irjen Pol Refri Andri Untuk Maluku

Ambon, Pelita Maluku.com - Gubernur Maluku Murad Ismail menghadiri pisah sambut Kapolda Maluku, dari Irjen Pol. Drs. Refdi Andri, M.Si kepada Brigjen Pol. Drs, Lotharia Latif, SH, M.hum, bertempat di Kediaman Kapolda Maluku, Senin malam (3/1/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur menyampaikan ucapan terima kasih atas dedikasi dan sinergitas Irjen Pol. Drs. Refdi Andri, M.Si selama menjabat sebagai Kapolda di Bumi Raja-Raja ini. 

“Pada hari ini, kita kembali menyaksikan suatu moment penting dalam sejarah kehidupan, bapak Irjen Pol. Drs. Refdi Andri, M.Si, yang akan mengakhiri tugas di Provinsi Maluku dan akan memulai tugas di tempat yang baru di Mabes Polri dalam rangka pensiun, dan kita akan menyambut bapak Brigjen Pol. Drs Lotharia Latif SH, M.hum, sebagai Kapolda Maluku yang baru,” tutur Gubernur.

Selaku Pemerintah Daerah, Gubernur mengatakan, kehadiran Irjen Pol. Refdi Andri selama satu tahun satu bulan, di Bumi Maluku ini, terasa singkat. 

Namun rentang waktu yang singkat ini beliau telah berkarya bersama pemerintah daerah dan masyarakat, bahkan selama ini banyak sekali pengabdian yang luar biasa yang dikaryakan dalam mendukung tugas dan wewenang menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Maluku tercinta.

"Untuk itu, atas nama Pemerintah Provinsi dan seluruh lapisan masyarakat Maluku, saya menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Irjen Pol Refdi Andri yang telah bekerja bersama membangun Maluku," tutur Gubernur.

Secara khusus Gubernur atas nama pemerintahan dan seluruh masyarakat Provinsi Maluku juga menyampaikan ucapan selamat datang kepada Brigjen Pol. Drs, Lotharia Latif SH, M.hum dan ibu beserta keluarga, untuk memulai karya pengabdian di jajaran Polda Maluku.

“Perlu saya sampaikan kepada bapak Kapolda yang baru Daerah Maluku sebagai Provinsi Kepulauan memiliki luas wilayah 712.479 kilometer persegi, terdiri dari lautan seluas 92,4 persen dan daratan 7,6 persen, dengan jumlah pulau kurang lebih 1.340 buah. Dari segi administrasi pemerintahan, Provinsi Maluku memiliki 2 kota, dan 9 kabupaten, dengan jumlah penduduk lebih dari 1,8 juta jiwa. dan secara geografis wilayah provinsi Maluku juga berbatasan dengan negara tetangga Australia dan Timor Leste,” ungkap Gubernur.

Kondisi ini, kata Gubernur, memberikan konsekuensi bagi kita selaku aparat negara, baik pemerintah daerah maupun TNI/Polri, untuk mampu mensinergikan segenap potensi yang ada guna menjaga keutuhan dan integritas Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sinergitas antara TNI, Polri dan Pemerintah Daerah bersama seluruh komponen masyarakat, kata mantan Dankor Brimob Polri ini, menjadi kekuatan utama bangsa, sangat urgen ditengah kemajemukan masyarakat Maluku. 

Kekuatan ini yang menjadi modal utama dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan bangsa dan negara. 

"Saya percaya sinergitas serta hubungan harmonis yang telah terbina selama ini, akan terus terpelihara dengan baik sehingga mampu menciptakan ketentraman dan kedamaian wilayah Maluku,” ungkapnya.  

Gubernur pun menyampaikan kepercayaan, tugas-tugas pengamanan dalam wilayah teritorial wilayah Maluku di bawah kepemimpinan Brigjen Pol. Drs, Lotharia Latif SH, M.hum akan berlangsung dengan baik. 

Oleh sebab itu, Pemerintah Provinsi Maluku dan seluruh jajaran Pemda Kabupaten/Kota se-Maluku akan selalu siap dan membuka diri untuk tetap membangun kerjasama dan koordinasi kerja yang harmonis dengan pihak Polda Maluku.

Mengakhiri sambutannya Gubernur, mengucapkan selamat jalan dan selamat bertugas di tempat yang baru kepada Irjen Pol Drs Refdi Andri, M.Si.

"Dan dengan hati terbuka kami menyambut bapak Brigjen Pol. Lotharia Latif SH, M.hum, bersama isteri dan keluarga, untuk mengemban tugas di Provinsi Maluku. Jadikanlah Maluku sebagai bagian dari karya dan kerja untuk bangsa dan negara, karena disinilah kita semua dipercayakan bekerja dan berbakti bagi ibu pertiwi,” tandas Gubernur (PM.007)

Komentar

Belum Ada Komentar