Tonjolkan Tanaman Khas Daerah, Widya Tanam Pohon Sukun pada Gerakan Tanam 1000 Pohon Bersama Ibu Negara
Rabu, 01 Februari 2023
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Tonjolkan Tanaman Khas Daerah, Widya Tanam Pohon Sukun pada Gerakan Tanam 1000 Pohon Bersama Ibu Negara

Ambon, Pelita Maluku.com - Acara Penanaman 1000 Pohon yang di inisiasi Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Ibu Wury Ma’ruf Amin serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia, Rabu (1/2/2023).

Di Maluku, gerakan tanam serentak pohon di ikuti Istri Gubernur Maluku yang juga selalu Ketua TP-PKK, Widya Pratiwi Murad, dengan melaksanakan kegiatan menanam pohon di halaman Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Provinsi Maluku.

Pohon yang ditanam Ibu Widya adalah anakan Sukun. Adapun jenis anakan pohon yang ditanam selain Sukun adalah Jeruk dan Rambutan, dengan total jumlah sebanyak 30 anakan. 

Tak hanya Ibu Widya yang menanam anakan pohon, Ketua Dharma Wanita Maluku, Nita Sadali, Kadis Pertanian Maluku, Ilham Tauda, Aster Kodam XVI/Pattimura, Kepala BPTP Maluku, Kadis Ketahanan Pangan Maluku, Sekretaris Dinas Pertanian, Kepala SKP Kelas I Ambon, Kepala BBP2TP Ambon dan pimpinan vertikal lainnya, juga ikut menanam anakan. 

"Mari kita tanam banyak-banyak Sukun khusus di wilayah Maluku. Kan ada beberapa desa yang memang tanahnya cocok sekali untuk tanaman Sukun kita. Mungkin dalam waktu dekat lagi kita akan serentak menanam pohon Sukun di satu wilayah (Lahan) sekitar dua hektar. Sebagai masyarakat Maluku sudah sepatutnya kita mempertahankan tanaman khas lokal, dan buah Sukun itu adalah salah satu buah lokal yang harus kita pertahankan," singkat Widya usai menanam anakan Sukun.

Sebagai informasi, di kesempatan ini, Widya juga menyerahkan bantuan anakan pohon dari Dinas Pertanian kepada Kodam XVI/Pattimura, Rizal (Petani dari Negeri Tengah-Tengah) dan Abidin Rumbia (Petani dari Negeri Hitu). (PM.007).


Komentar

Belum Ada Komentar