Utuwaly Letak Batu Pertama Pembangunan RSUD dr. P. P. Magretti
Rabu, 12 Agustus 2020
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Utuwaly Letak Batu Pertama Pembangunan RSUD dr. P. P. Magretti

Saumlaki, Pelita Maluku.com – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar, dalam peningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, berupaya untuk menyediakan berbagai fasilitas kesehatan yang layak bagi masyarakat di Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Buktinya, Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Agustinus Utuwaly, S.Sos pada Rabu (12/08/20), melakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan RSUD dr. P. P. Magretti yang berlokasi di Ukurlaran Desa Lauran Kecamatan Tanimbar Selatan.

Turut hadir dalam acara tersebut, sejumlah Pimpinan SKPD, Camat Tanimbar Selatan, serta undangan lain.

Direktur RSUD dr. P.P. Magretti, dr. Fully Nuniary dalam laporannya menjelaskan, relokasi pembangunan RSUD Magretti yang baru di Ukurlaran dimaksudkan, untuk memastikan lokasi ini layak dikembangkan kelak sebagai Rumah Sakit Kelas B dengan kapasitas rawat 200 tempat tidur, dan tentu ditunjang dengan SDM kesehatan dan alat kesehatan (Alkes), sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

img-1597248308.jpg

Selain itu, telah ditetapkan pula rencana induk atau master plan rumah sakit ini, serta road map menuju rumah sakit kelas B, yang disesuaikan dengan prototipe dari Kementerian Kesehatan serta memenuhi kaidah-kaidah pembangunan rumah sakit, yang berorientasi terhadap peningkatan mutu layanan, dan keselamatan pasien yang dirawat.

Menurutnya, pembangunan tahap I di tahun 2020 ini, difokuskan pada pembangunan gedung utama dan gedung penunjang, seperti instalasi gawat darurat, instalasi bedah pusat/centre, unit perawatan intensif atau ICU, instalasi radio diagnosi, instalasi kamar bersalin, instalasi rawat jalan, instalasi rawat inap, instalasi farmasi, instalasi pusat sterilisasi, instalasi laundry, dan kamar jenazah. Dan sarana penunjang, yaitu instalasiair bersih dan instalasi air kotor atau air limbah, seluruhnya menelan biaya lebih dari 40 milyar rupiah.

Sementara itu Wakil Bupati, dalam sambutannya mengatakan, salah satu aspek yang paling penting dalam kehidupan manusia adalah, kesehatan. Semua aktifitas akan berjalan dengan baik, apabila kesehatan terjaga.

Diungkapkannya, dalam kondisi mewabahnya Covid-19 hingga saat ini, telah mengajarkan kita tentang banyak hal, serta pentingnya menjaga kesehatan, termasuk ketersediaan sarana dan prasarana  kesehatan yang memadai untuk melayani masyarakat.

Menurutnya, Kabupaten Kepulauan Tanimbar yang terdiri dari pulau-pulau dari segi georafis, diperhadapkan pada tantangan pelayanan kesehatan yang beraneka ragam. Namun dirinya optimis, secara bertahap Pemda KKT akan terus mempersiapkan berbagai kebutuhan pelayanan kesehatan di daerah ini.

Utuwaly sebutkan, pembangunan Puskesmas Rawat Inap yang representatif telah dilakukan di berbagai kecamatan, dan kini kita sedang membangun gedung baru RSUD dr. P.P.Magretti sebagai pusat rujukan di Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Hal ini sangat beralasan, karena kondisi lahan RSUD P. P. Magretti saat ini tidak memungkinkan, sehingga tidak bisa lagi dikembangkan fasilitasnya, urainya.

Orang Kedua di Tanimbar ini menyatakan, kebijakan Pemerintah Daerah membangun gedung RSUD yang baru dan harus dikembangkan, seiring dengan kebutuhan pelayanan kesehatan di daerah ini, apalagi menyongsong beroperasinya Blok Masela.

“Gedung ini digunakan sebagai tempat pelayanan kesehatan masyarakat, yang akan dimanfaatkan dalam jangka waktu yang panjang. Saya minta, semua tahapan pembangunan yang harus dilaksanakan secara bertanggung jawab, serta perlunya pengawasan yang baik terutama PPTK dan SKPD terkait,maupun pihak berkepentingan lain, sehingga dapat berjalan sesuai dengan perencanaan” tegas Utuwaly.

Dia juga berharap, semua pihak yang bertanggung jawab dalam proses pembangunan gedung RSUD ini serius dalam melaksanakan tugasnya dan berkaca pada pengalaman masa lalu.

Oleh karena itu, SKPD yang berhubungan dengan kegiatan ini, konsultan, dan pihak penyedia untuk serius melaksanakan pekerjaan ini dengan baik, tegas Utuwaly (Gilang)

Komentar

Belum Ada Komentar