Wagub Harap RRI Ambon Bantu Pemda Informasikan Hasil Pembangunan
Rabu, 23 Februari 2022
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Wagub Harap RRI Ambon Bantu Pemda Informasikan Hasil Pembangunan

Ambon, Pelita Maluku.com - Wakil Gubernur Maluku Barnabas Natanhiel Orno menghadiri acara serah terima jabatan Kepala Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) Ambon, di Auditorium George de Fretes lantai II Gedung Kantor LPP RRI Stasiun Ambon, Rabu, (23/02/2022). 

Serah terima jabatan ini ditandai dengan penandatangan berita acara serah terima dari Kepala LPP RRI Ambon sebelumnya, Darno S.Sos kepada Jaya Maulana Rukmantara SE. M.Si. 

Darno menjabat Kepala LPP RRI Ambon selama 19 bulan dan akan memimpin LPP RRI Tanjung Pinang, Kepulauan Riau. Sedangkan Jaya Maulana Rukmantara , sebelumnya menjabat LPP RRI Meulaboh, Aceh Barat. 

Dalam sambutannya, Wagub menyatakan, pentingnya masa depan RRI, sehingga ia berharap RRI mampu berinovasi di dalam teknologi terkini dengan menstimulus beragam jenis program siaran yang menarik dan disukai, hingga mampu penuhi kebutuhan masyarakat sesuai karakter pendengarnya.

Fenomena inilah yang mesti ditangkap dan difasilitasi oleh RRI jika esensinya sebagai lembaga penyiaran publik dapat terwujud secara optimal. 

"Untuk itu, harapan saya kepada jajaran LPP RRI Ambon agar selalu meningkatkan etos kerja, berkreasi dan berinovasi dalam rangka menghadapi era informasi dan keterbukaan publik, sekaligus dapat membantu pemerintah daerah dalam menginformasikan hasil-hasil Pembangunan Daerah," harapnya. 

Menurutnya, proses mutasi merupakan hal yang wajar dalam sebuah organisasi dengan mencermati dinamika dan kebutuhan organisasi LPP RRI sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku, serta merupakan langkah penyelenggaraan dalam rangka peningkatan karir dan kinerja aparatur LPP RRI itu sendiri.

"RRI sebagai lembaga penyiaran publik yang independen dan nonkomersial memiliki tugas, memberikan pelayanan informasi, pendidikan, hiburan, kontrol, perekat sosial dan pelestarian budaya bangsa melalui siaran yang menjangkau seluruh lapisan masyarakat di wilayah NKRI," ujar Wagub. 

Mantan Bupati MBD itu menilai, tugas LPP RRI harus di akselerasi dengan inovasi teknologi terkini untuk menghadapi persaingan yang makin kompetitif. RRI juga harus mampu beradaptasi dengan konvergensi teknologi informasi dan komunikasi, sehingga dapat menjadi katalisator dan konektor yang andal di dalam ruang publik.

Disadari sungguh, lanjutnya, eksistensi dari radio sendiri sudah mulai tergoncang dengan adanya kemudahan dalam akses internet dengan menjamurnya berita online yang bisa diakses kapan saja dan di mana saja melalui smartphone pribadi, membuat radio perlahan-lahan tidak lagi menjadi alternatif utama dalam penerimaan informasi masyarakat.

"Dengan demikian, pesatnya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, menuntut RRI untuk profesional, mengelola transformasi teknologi yang terarah dan transformasi konten yang dapat merubah persepsi publik bahwa RRI mampu bersaing di dunia digitalisasi," 

Wagub pun mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan kepada Darno dan keluarga atas pengabdianya memimpin LPP RRI Ambon. "Semoga apa yang saudara berikan dan disumbangkan untuk kemajuan daerah, dapat bermanfaat. Kita semua doakan saudara akan sukses di tempat yang baru," ucapnya. 

Wagub juga mengucapkan selamat kepada Jaya Maulana Rukmantara atas jabatan barunya memimpin LPP RRI Ambon. "Saya harapkan, agar saudara dapat membangun komunikasi, koordinasi dan sinergis dengan seluruh instansi terkait sehingga RRI Ambon semakin jaya," tutup Wagub. (PM.007).

Komentar

Belum Ada Komentar