Warga Alusi Tamrian Duga Kades Salah Gunakan Dana Desa
Minggu, 26 Juli 2020
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Warga Alusi Tamrian Duga Kades Salah Gunakan Dana Desa

Saumlaki, Pelita Malulu.com – Masyarakat Desa Alusi Tamrian, Kecamatan Kormomolin, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, menduga Kepala Desa Joseph Resilay telah menyalahgunakan Anggaran Dana Desa untuk kepentingan pribadinya.

Dugaan ini disampaikan masyarakat Desa Tamrian, yang tidak ingin namanya dipublikasikan kepada media ini, lantaran ada sejumlah persoalan yang menyelimuti Desa Alusi Tamrian, diantaranya belum dilakukan pencairan dana desa tahun 2020, karena terhambat masalah administrasi, Kades tidak bertanggungjawab terhadap permasalahan yang terjadi di desa dan menyerahkan seluruh proses kepada Sekretaris dan Operator Desa.

“sudah akhir bulan juli, desa kami ini tidak tahu Kepala Desa ini kerjanya bagaimana, dia hanya kerja tinggal di kampung saja, yang kerja setengah mati di kabupaten hanya Sekretaris Desa dan Operator Desa, mereka tinggalkan istri dan anak lalu kerja di Saumlaki untuk masyarakat banyak pu kepentingan, tapi Kades kerja hanya baronda kiri kanan, mangkali kasi habis uang desa saja,” Ungkap warga

Bukan saja itu, warga desa juga menduga Kades Alusi Tamrian telah menyalahgunakan uang kontribusi rumah layak huni sebesar Rp.46 juta, karena sampai saat ini tidak diketahui keberadaan dana tersebut. Bahkan uang tak terduga yang di peruntukan bagi bencana di desa sebesar Rp.10 juta, tidak tahu di kemanakan.

“kami masyarakat tidak tahu padahal uang 10 juta yang harus di peruntukan untuk musibah keracunan di desa kami kemarin, harusnya di pakai tapi ternyata dana itu tidak ada, padahal sudah cair semua anggaran itu,” jelas warga

Disamping itu, pengadaan sapi sebanyak 6 ekor yang diperkirakan sebesar Rp.40 juta, sampai saat ini belum juga ada. Padahal anggarannya telah cair semua.

“Itu semua masuk pada anggaran tahun 2019,” Kata warga.

Bukan saja itu, semua keperluan pribadi Kades Alusi Tamrian diambil dari Dana Desa dan yang anehnya lagi disetujui oleh Bendahara Desa, termasuk pinjaman-pinjaman pribadi.   

“ini Kades sudah tidak benar, ini uang rakyat yang sudah di peruntukan untuk kepentingan pribadinya. Untuk itu kami masyarakat Desa Tamrian sangat kecewa dengan Kades Joseph Resilay, belum lagi beliau punya kasus perselingkuhan dengan istri orang yang sampai saat ini belum di proses,” Ujar warga

Olehnya itu warga Alusi Tamrian meminta, Bupati Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Kapolres MTB, Inspektorat KKT, secepatnya memproses penyalahgunaan Dana Desa sesuai aturan hukum yang berlaku, agar Kades dapat mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Warga juga berharap, Bupati KKT segera mencopot yang bersangkutan dari jabatannya selaku Kades Alusi Tamrian, karena akibat perbuatan ini Desa dan warga tidak berkembang serta negara telah di rugikan.

“sampai saat ini dana desa tahun 2020 pun belum juga cair kami, yakin semua ini ulah dari kepala desa, karna dia sudah korupsi uang dana desa ini. Untuk itu lebih bagus di copot saja. Kami kasihan dengan Sekretaris Desa dan juga Operator Desa kami saat ini.(PM.009)

Komentar

Belum Ada Komentar