Widya Berharap Permainan Tradisional Perlu di Populerkan
Jum'at, 17 September 2021
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Widya Berharap Permainan Tradisional Perlu di Populerkan

Ambon, Pelita Maluku.com  - Ina Latu Maluku Widya Pratiwi Murad Ismail, bersama Sekda Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Mansur Tuharea, membuka dengan resmi Festival Solohua, yang dipusatkan di Lapangan Sepakbola Negeri Kamariang, Kecamatan Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat, pada Jumat (17/09/2021)

Pembukaan festival ditandai dengan pemukulan Tifa oleh Pembina Utama KPOTI Provinsi Maluku, Widya Pratiwi Murad Ismail.

Pada kesempatan itu, Pembina Utama Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia (KPOTI) Provinsi Maluku, Widya Pratiwi Murad Ismail mengatakan, sebagai bagian dari budaya, permainan tradisional hidup di tengah - tengah masyarakat Indonesia termasuk Maluku. 

img-1631860377.jpg

Permainan semacam ini harus dirasakan anak-anak untuk membangun karakter yang positif, seperti menghargai perbedaan dan jujur. Olehnya itu, permainan ini perlu untuk kembali dipopulerkan. 

"Adanya permainan tradisional ini membantu anak-anak untuk bergerak secara fisik, ini yang sering dilupakan. Sebab, kalau anak main gadget kan sambil duduk tuh, akhirnya anak kurang bergerak. Bisa membuat anak tidak sehat. Oleh karena itu, sudah saatnya permainan rakyat kita populerkan dan didukung melalui festival seperti ini," ungkap Widya. 

Menurut isteri Gubernur Maluku ini, tujuan digelar festifal tersebut, agar permainan rakyat dan olahraga tradisional, yang merupakan salah satu kekayaan budaya tidak hilang atau bahkan diakui oleh negara atau daerah lain. 

Baginya, zaman dan generasi boleh berganti, namun kelestarian budaya tradisional adalah tanggung jawab bersama untuk melestarikannya. 

Ia mengaku, adalah sebuah kehormatan, dirinya dapat hadir bersama masyarakat untuk Bersama-sama dalam pagelaran festifal dimaksud. 

Ia pun memberi apresiasi kepada KPOTI Provinsi Maluku yang telah menggagas festival tersebut.  

img-1631860338.jpg

Dirinya juga berpesan agar KPOTI Provinsi Maluku dapat terus berkolaborasi dengan pemerintah daerah untuk tetap memperkenalkan warisan budaya.

Padahal, sebut Widya permainan olahraga tradisional dapat menjadi wahana pendidikan yang melatih kemampuan anak, serta aktif melestarikan budaya daerah dan bisa membangun karakter sumber daya manusia Indonesia yang memiliki nilai karakter bangsa.

Ditempat yang sama, Sekda SBB, Mansur Tuharea menjelaskan, permainan tradisional merupakan bagian dari budaya yang diperkirakan sudah ada sejak jaman kerajaan dan mengalami alkulturasi pada jaman penjajahan. 

img-1631860303.jpg

Permainan ini merupakan aktivitas budaya sederhana, yang mudah dimengerti, dipelajari, bahkan biayanya relatif murah karena sedikit menggunakan perlengkapan dan dapat dirancang sendiri ketimbang permainan dan olahraga modern. 

"Oleh sebab itu, saya mengajak seluruh masyarakat SBB untuk bersama-sama membangkitkan dan mempopulerkan kembali permainan tradisional dalam setiap kesempatan atau momen apa saja. 

“Sebab, dengan melestarikan permainan ini, saya optimis banyak wisatawan yang tertarik untuk datang ke daerah kita," pungkas Sekda. 

img-1631860279.jpg

Sebagaimana diketahui, Festival Solohua diadopsi dari nama Gunung Solohua di Negeri Kamariang. Festival yang baru pertama kali diselenggarakan ini, menampilkan tiga mata lomba yakni Enggrang Batok (Lari Tampurung), Hela Rotang (Tarik Rotan) dan Buah Kira-Kira (Mirip permainan Puzzle).

Untuk diketahui, acara pembukaan festival ini dihadiri Kadis Pariwisata Provinsi Maluku, Max Pattinama, Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Halima Soamole, istri Bupati SBB, Ny. Christina Nanlohy/Akerina, sejumlah pengurus TP-PKK Provinsi Maluku/Kabupaten SBB, Kapolsek Kairatu AKP. Hendry Hursepuny, Camat Kairatu M. Yusuf Hatala dan lainnya (Ais).

Komentar

Belum Ada Komentar