Dari Perayaan HUT Provinsi Maluku, Sadali Minta Wariskan Semangat Pattimura

Dari Perayaan HUT Provinsi Maluku, Sadali Minta Wariskan Semangat Pattimura

Pelita Maluku.com - Memperingati Hari Ulang Tahun Provinsi Maluku yang ke -79 Tahun. Pemerintah Provinsi Maluku Menggelar Upacara Bendera, yang dipusatkan di Lapangan Merdeka Ambon, Senin (19/08/2024).

Peringatan HUT Provinsi Maluku Tahun ini mengusung Tema " Lanjutkan Perjuangan Pattimura, Wujudkan Maluku Maju, Menuju Indonesia Emas".

Penjabat Gubernur Maluku Sadali Ie, dalam sambutannya mengatakan, Tema HUT Provinsi Maluku tahun ini mau memberi makna dan pesan inspiratif, kepada kita, bahwa jiwa semangat yang di tunjukkan oleh Thomas Matulessy alias Pattimura, tentang pantang menyerah dan rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara saat ini sangatlah penting.

Pesan dan makna ini menjadi penting, mengingat semangat Pattimura itu telah terkikis oleh zaman dan waktu, akibat dari perkembangan zaman moderen yang begitu mempengaruhi masyarakat. Olehnya lewat kesempatan ini Sadali, meminta agar semangat itu kembali di tularkan kepada Pattimura-Pattimura Muda, sehingga jiwa bela negara untuk membangun Maluku berkelanjutan dalam karya dan karsa dapat di wujudkan.

Menurut Sadali, Belajar dari kisah Pattimura ada tiga nilai teladan yang harus di wariskan, yakni pertama semangat persatuan dan kesatuan menjadi modal terpenting dalam perjuangan di masa kemerdekaan. Membangun sistem kerja yang terkendali dengan satu garis komando.

Kedua, sikap rela berkorban dan tanpa pamrih adalah sikap mulia dari para pendahulu kita. 

Ketiga, rasa cinta tanah air, patriotisme dan kepentingan daerah adalah sikap yang  tergambar dalam tindakan pendahulu kita. Sikap ini mesti diwariskan dari generasi ke generasi, dalam membangun toleransi hidup orang basudara, sebagaimana slogan hidup : potong di kuku rasa di daging; ale rasa beta rasa; sagu salempeng dipatah dua.

Menutup sambutannya Sadali juga menghimbau, masyarakat untuk tetap menjaga situasi Kamtibmas menjelang Pilkada yang akan berlangsung pada November mendatang dan bagi ASN meminta untuk tetap menjaga netralitas dan tidak terlibat dalam politik praktis. (PM.007)



 

Sumber : https://pelitamaluku.com/dari-perayaan-hut-provinsi-maluku-sadali-minta-wariskan-semangat-pattimura-detail-454410