DJALALUDIN PIMPIN RAPAT EVALUASI PENYERAPAN ANGGARAN, DORONG KINERJA OPD

DJALALUDIN PIMPIN RAPAT EVALUASI PENYERAPAN ANGGARAN, DORONG KINERJA OPD

Ambon, Pelita Maluku.com – Pemerintah Provinsi Maluku terus berupaya memaksimalkan penggunaan anggaran daerah. Hal ini tertuang dalam rapat evaluasi penyerapan anggaran yang dipimpin langsung oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Maluku Djalaludin Salampessy atas instruksi Penjabat Gubernur Maluku. 


Rapat yang berlangsung, Kamis (17/10/2024) di ruang kerja Asisten Pemerintahan dan Kesra di hadiri oleh 15 OPD yang berada di bawah koordinasi Asisten  Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat di Pemerintah Provinsi Maluku. Ke-15 OPD tersebut masing-masing, yakni, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Badan Pengelolaan Perbatasan, Badan Pendapatan Daerah, Badan Penghubung Provinsi, Kepala Sekretariat DPRD, Dinas Kehutanan, Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan,Dinas Pertanian, Dinas Sosial, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Biro Pemerintahan dan Otda, Biro Hukum, Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat.


Usai rapat evaluasi, Djalaludin menyampaikan, bahwa rata-rata penyerapan anggaran OPD telah mencapai di atas 50%. Dan Untuk mendorong percepatan penyerapan, OPD diminta untuk mendukung dengan percepatan realisasi program/kegiatan. 


"Kita perlu memastikan bahwa realisasi keuangan sejalan dengan realisasi fisik di lapangan," ujarnya.

Selain itu, sinkronisasi data antara sistem pertanggungjawaban keuangan daerah dengan Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) juga menjadi fokus utama. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan anggaran.


Djajaludin pada kesempatan itu pula menekankan pentingnya penyelesaian administrasi yang cepat dan akurat untuk mendukung penyerapan anggaran.


"Pemerintah Provinsi Maluku menargetkan penyerapan anggaran secara totalitas di akhir tahun mencapai di atas 85%. Untuk mencapai target tersebut, seluruh OPD diminta untuk terus berupaya maksimal dalam menyelesaikan program-program yang telah direncanakan, "pungkasnya. (PM.007)

Sumber : https://pelitamaluku.com/djalaludin-pimpin-rapat-evaluasi-penyerapan-anggaran-dorong-kinerja-opd-detail-455246