Kodam Pattimura Terima Audit Ketaatan dan Kinerja dari Itjen TNI

Kodam Pattimura Terima Audit Ketaatan dan Kinerja dari Itjen TNI

Ambon, Pelita Maluku.com - Kodam XV/Pattimura menerima Tim Audit Ketaatan dan Kinerja dari Itjen TNI Periode III Tahun 2024, di Ruang Yudha III Makodam XV/Pattimura, Ambon, Senin (22/7/2024).

Kedatangan Tim Audit di Makodam XV/Pattimura, yang dipimpin oleh Dalnis Brigjen TNI Achmad Daeng Leo (Irlat Itjen TNI), didampingi Ketua Tim Kolonel Inf Yudha Sandi Purwana, S.I.P. (Irut Intel Itops Itjen TNI).

Tim ini disambut oleh Irdam XV/Pattimura, Brigjen TNI Muhammad Ali, S.H., Kapoksahli Pangdam XV/Pattimura Brigjen TNI Syaeful Mukti Ginanjar, S.I.P., M.Han., dan Danrem 151/Binaiya Brigjen TNI Antoninho Rangel da Silva, S.IP., M.Han., Danlantamal IX/Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, M.M., M.T., M.Tr. Opsla dan Danlanud Pattimura Kolonel Pnb Jhonson Henrico Simatupang, M.Han.

Dalam amanatnya yang dibacakan Brigjen TNI Achmad Daeng Leo mengatakan, Itjen TNI selaku aparat pengawas Intern Pemerintah (APIP) mempunyai tugas pokok terhadap daya guna, hasil guna dan tepat guna, tertib hukum, dan tertib tindak di bidang pembinaan kesiapsiagaan, penggunaan dan pembangunan kekuatan serta perbendaharaan di lingkungan TNI. 

“Semoga pelaksanaan Audit Ketaatan dan Kinerja dari Itjen TNI Periode III Tahun 2024, sesuai dengan standar Audit serta memperoleh nilai tambah/Value Added yang kita harapkan, guna mewujudkan tujuan organisasi“, ujar Irjen TNI.

Adapun sasaran audit lanjut dijelaskan, penilaian terhadap peraturan dan tingkat 3 E (Efektivitas, Efisien dan Ekonomis) dalam pelaksanaan kegiatan di bidang operasi, latihan, umum, logistik dan perbendaharaan. 

Dikatakan, pada Tahun 2024 ini juga, tim Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI akan melaksanakan pemeriksaan Interim/pendahuluan atas laporan keuangan Kemhan/TNI di tahun yang berjalan. Untuk itu, Irjen TNI berpesan agar, memanfaatkan kehadiran APIP Itjen TNI ini sebagai sarana konsultasi guna meminimalisir resiko permasalahan yang berpotensi akan menjadi temuan BPK RI. (Pendam15)

Dikesempatan yang sama Pangdam XV/Pattimura Mayjen TNI Syafrial, PSC., M.Tr.(Han)., dalam amanat tertulis yang di sampaikan Irdam menyampaikan apresiasi dan selamat datang kepada Tim Itjen TNI, kiranya kehadiran tim dapat memberikan manfaat yang positif, dalam rangka peningkatan kualitas kinerja dan keberhasilan pelaksanaan program kerja dan anggaran di Satuan jajaran TNI di wilayah Maluku. 

Pangdam juga dalam amanatnya menegaskan kepada satuan yang menjadi obyek pemeriksaan tim audit, dapat memberikan bahan, data maupun informasi dan laporan yang valid dan akun-tabel serta mendukung tugas tim audit dengan baik di Satuannya masing-masing.

“Apabila ada temuan dari Tim Audit Itjen TNI, segera ditindaklanjuti dan diperbaiki sesuai koreksi dan arahan dari tim, agar tidak menjadi temuan yang berulang”, tegas Pangdam.

Sementara itu Brigjen TNI Achmad Daeng Leo, selaku Pengendali Teknis (Dalnis) menyampaikan terima kasih kepada Pangdam XV/Pattimura beserta staf, yang telah memfasilitasi kegiatan Taklimat Awal Audit Ketaatan dan Kinerja Itjen TNI Periode III TA. 2024 di wilayah Maluku. (PM.007)


 

Sumber : https://pelitamaluku.com/kodam-pattimura-terima-audit-ketaatan-dan-kinerja-dari-itjen-tni-detail-453953