Pangdam XV/Pattimura Tekankan Netralitas TNI

Pangdam XV/Pattimura Tekankan Netralitas TNI

Ambon, Pelita Maluku.com - Pangdam XV/Pattimura Mayjen TNI Putranto Gatot Sri Handoyo, S.Sos., M.M., didampingi Ketua Persit KCK Daerah XV/Pattimura Ny. Henny Putranto Gatot dan rombongan, melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Korem 151/Binaiya, Kamis (17/10/2024).


Kedatangan Pangdam dan rombongan, disambut langsung oleh Danrem 151/Binaiya Brigjen TNI Antoninho Rangel da Silva, S.I.P., M.Han., beserta stafnya, di awali dengan menerima hormat jajar dari regu jaga kesatrian, laporan Danrem, pengalungan kain tenun, pemberian hand bucket dan disuguhkan tarian tradisional Cakalele sebagai tarian penyambutan.


Setelah penyambutan, Pangdam dan rombongan menuju Lapangan upacara Makorem 151/Binaiya, untuk foto bersama para pejabat Korem, meninjau ruang Studio Podcast dan sarana yang lain milik Korem 151/Binaiya. Kemudian, menuju ruang lobby atas Makorem untuk menerima paparan dari Danrem tentang kondisi Korem saat ini. 


Usai menerima paparan, Pangdam memberikan pengarahan kepada warga Korem yang terdiri dari prajurit, PNS dan Persit di aula Baileo Slamet Riyadi Makorem, Pangdam mengucapkan terima kasih kepada Danrem dan jajarannya, karena kedatangannya sudah di sambut dengan baik dan meriah. Pangdam juga menyampaikan tujuan kedatangannya ini, adalah ingin bersilaturahmi dan melihat secara langsung keadaan prajurit di Satuan jajarannya.


Mengingat dalam waktu dekat, akan dilaksanakan pelantikan Presiden dan Pilkada serentak, Pangdam menekankan kepada seluruh prajuritnya, untuk tetap komitmen menjunjung tinggi netralitas TNI. 


"Saya akan bertindak tegas, apabila ada yang bermain-main politik. Ini saya ingatkan kepada seluruh prajurit Kodam XV/Pattimura", tegas Pangdam. 


Selain itu, Pangdam juga menjelaskan tentang hakekat operasi teritorial yaitu, tugas prajurit untuk memenangkan hati dan pikiran rakyat dengan tindakan yang tepat dan empati, sehingga mendapat kepercayaan dari rakyat, serta siap membantu masyarakat yang membutuhkan.


Mengenai disiplin prajurit, Pangdam mengingatkan untuk menjauhi dan berhenti melakukan pelanggaran sekecil apapun, karena dampaknya akan merugikan diri sendiri, keluarga maupun Satuan.


"Prajurit yang melanggar akan diproses sesuai hukum dan ketentuan yang berlaku", ucapnya


Dalam berdinas sehari-hari, Pangdam mengajak dan menghimbau, agar bekerja dengan niat ibadah, ikhlas dan loyal, serta selalu memegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI. 


“Prajurit harus responsif terhadap perkembangan situasi, melakukan deteksi dini, dan reaksi cepat. Bagi prajurit yang berada di wilayah-wilayah, agar selalu berinteraksi dengan tokoh berpengaruh, dan manfaatkan media sosial secara positif. “ himbau Pangdam.


Turut hadir dalam rombongan Pangdam, Irdam XV/Pattimura Muhammad Ali, S.H., M.H., Kapoksahli Pangdam XV/Pattimura Brigjen TNI Julius Jolly Suawa S.Sos., Asren Kodam XV/Pattimura Kolonel Inf Fendri Navyanto Raminta, Asintel Kasdam XV/Pattimura Kolonel Inf Roy Hansen J. Sinaga, S.Sos., Asops Kasdam XV/Pattimura Kolonel Inf Rizal Faizal Helmi, S.Sos., Aspers Kasdam XV/Pattimura Kolonel Inf Fajar Tri Yulianto, S.Sos., M. Han., dan Aster Kasdam XV/Pattimura Kolonel Kav Suteja, S.H., M.Si.(PM.007)

Sumber : https://pelitamaluku.com/pangdam-xv-pattimura-tekankan-netralitas-tni-detail-455235