SADALI HIMBAU MASYARAKAT GUNAKAN HAK PILIH SESUAI HATI NURANI

SADALI HIMBAU MASYARAKAT GUNAKAN HAK PILIH SESUAI HATI NURANI

Ambon, Pelita Maluku.com   Penjabat Gubernur Maluku Sadali Ie menghimbau, seluruh masyarakat Maluku untuk dapat menggunakan hak pilihnya, pada pentas pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah serentak yang akan berlangsung pada November 2024 mendatang.

Himbauan ini disampaikan Sadali, saat membuka dengan resmi Rapat Koordinasi Pelaksanaan Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota dalam Pemilihan Tahun 2024, Kamis (25/7/2024), di Hotel Santika Premiere Ambon.

Himbauan orang nomor satu di Maluku ini, agar masyarakat dapat menentukan siapa pemimpin mereka lima tahun mendatang berdasarkan hati nurani, bukan karena adanya unsur paksaan maupun adanya pragtek politik uang.

Tidak saja itu, perbedaan pilihan lanjut Sadali juga tidak perlu menjadi perdebatan di masyarakat, sebab yang namanya demokrasi tentunya pasti ada perbedaan.  

Selain itu Sadali dalam sambutannya juga menyetil soal pentingnya sinergitas dan kolaborasi seluruh stekholder dalam menyukseskan pesta demokrasi di Maluku.

“Atas nama Pemerintah Daerah Provinsi Maluku, memberikan apresiasi atas pelaksanan rakor di saat ini, dalam rangka membicarakan persiapan pemilu serentak yang telah dilaksanakan oleh KPU dan Bawaslu Maluku, dimana Pemerintah Provinsi Maluku telah menyiapkan kebutuhan KPU berupa dana hibah untuk penyelenggaraan pemilukada baik untuk KPU dan Bawaslu maupun untuk aparat keamanan,” jelas Sadali. 

Sehubungan dengan dana hibah bagi penyelenggara Pemilu kata Sadali, dana hibah untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Maluku telah dicairkan 100 persen. Sementara untuk Bawaslu baru mencapai 70an% dan yang sisanya akan dicairkan paling lambat akhir Agustus 2024.

“Pilkada ini bukan hal baru bagi kita di Provinsi Maluku, penyelenggaraan ini baru saja kita lewati seperti pemilihan Presiden dan Anggota Legislatif, hanya bedanya, tekanan agak lebih besar di pilkada Gubernur, Bupati dan Walikota ini,” tambah Sadali.

Untuk itu Sadali meminta, kesiapan yang dilakukan penyelenggara Pemilu berdasarkan tahapan-tahapan hendaknya dijalan dengan baik, mengingat pada 11 Agustus mendatang kita telah berada pada tahapan Penyusunan Data Pemilih Sementara (DPS)

Hadir dalam acara tersebut, Forkopimda Provinsi Maluku, Ketua KPU Provinsi Maluku beserta jajaran, Bawaslu Maluku, Anggota DPRD Provinsi Maluku, Pimpinan TNI Polri, Pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Provinsi Maluku, Instansi Vertikal, serta para Insan Pers. (PM.007)

Sumber : https://pelitamaluku.com/sadali-himbau-masyarakat-gunakan-hak-pilih-sesuai-hati-nurani-detail-454033