SADALI : WISUDAWAN UNPATTI HARUS  BERKUALITAS SERTA KUASAI ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI

SADALI : WISUDAWAN UNPATTI HARUS BERKUALITAS SERTA KUASAI ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI

Ambon, Pelita Maluku.com – Tantangan perkembangan dunia saat ini memerlukan generasi muda berkualitas, yang bukan saja menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi namun harus dibarengi dengan iman dan takwa.

Apalagi di era society 5.0, menuntut semua pihak harus terus berbenah mengembangkan kualitas hidup berbagai bidang kehidupan, revolusi teknologi digital, artificial intelegence, dan berbagai kemajuan yang spektakuler saat ini, perlu diimbangi dengan Sumber Daya Manusia yang cerdas dan memiliki karakter yang tangguh, untuk itu Perguruan Tinggi harus merespon tuntutan tersebut,” demikian sambutan Penjabat Gubernur Maluku Sadali Ie pada Wisuda Sarjana, Profesi, Doktor dan Program Studi di Luar Kampus Utama Kabupaten Kepulauan Aru dan Kabupaten Maluku Barat Daya Universitas Pattimura, pada Kamis, (29/8/2024), di Auditorium Unpatti.

Untuk itu para wisudawan harus memiliki kemampuan dan kompetensi yang cukup bada bidang ilmunya dan keterampilan yang diperoleh tidak sebatas teoritas, tetapi juga pada waktunya dapat diimplementasikan bagi pengembangan dan kesejahteraan masyarakat.

“Tunjukan kualitas dan kapabilitas kalian baik menyangkut hard skill maupun soft skill,” tegas Sadali.

Menurutnya, tanggung jawab mewujudkan masyarakat Maluku yang berkualitas merupakan tanggung jawab semua pihak, oleh karena itu perlu berperan sesuai tugas masing-masing, dimana pemerintah daerah sebagai regulator, mengeluarkan kebijakan yang bertujuan mencapai misi Pemerintah Daerah melalui program dan kegiatan.

“Sementara itu lembaga pendidikan, diharapkan mampu menjaga mutu pendidikan dan kualitas kelulusannya, serta masyarakat menyadari pentingnya pendidikan untuk generasi dimasa mendatang,” tutup Sadali.

Untuk diketahui Wisuda tersebut dilakukan berdasarkan Keputusan Rektor Unpatti 1888/UN 13/SK/2024, dengan menghasilkan 1920 lulusan, yang terdiri dari 1674 Sarjana, 44 Profesi Dokter, 3 Profesi Guru, 195 Magister, dan 4 Doktor.

Hadir juga pada kesempatan itu Forkopimda Provinsi Maluku, Senat Universitas Pattimura, Rektor dan Para Wakil Rektor Universitas Pattimura, Ketua LLDIKTI Wilayah XII, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Perempuan, Anggota DPRD Provinsi Maluku maupun Kabupaten Kota, Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri di Ambon, Ketua Dharmawanita Unpatti, Pimpinan Instansi Vertikal, BUMD/BUMN, TNI Polri, serta para orang tua dan keluarga para wisudawan. (PM.008)

Sumber : https://pelitamaluku.com/sadali-wisudawan-unpatti-harus-berkualitas-serta-kuasai-ilmu-pengetahuan-dan-teknologi-detail-454569