Gelar Rakon, Widya Harap TP-PKK Tetap Eksis di Tengah Pandemi Covid-19
Senin, 30 November 2020
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Gelar Rakon, Widya Harap TP-PKK Tetap Eksis di Tengah Pandemi Covid-19

Ambon, Pelita Maluku.com - Tim Penggerak PKK Provinsi Maluku menggelar Rapat Konsultasi (Rakon) Tahun 2020 yang berlangsung di Lantai VII Kantor Gubernur Maluku, Senin (30/11/2020). Rakon TP-PKK Provinsi Maluku dibuka oleh Asisten I Setda Maluku, Franky Papilaya, mewakili Gubernur Maluku, Murad Ismail.

Rakon dipimpin langsung oleh Ketua TP-PKK Provinsi Maluku, Widya Pratiwi Murad Ismail, diikuti seluruh Ketua TP-PKK-Kabupaten/Kota, serta pengurus dan anggota TP-PKK Kabupaten/Kota se-Provinsi Maluku.

Dalam arahannya, Widya mengatakan, selama ini, banyak hal yang telah dilakukan TP-PKK baik di Provinsi maupun Kabupaten/Kota. Meskipun dalam suasana menghadapi pandemi Covid-19, TP-PKK tetap eksis melaksanakan Gerakan 10 Program Pokok yang diimplementasikan ke dalam empat Pokja.

Dijelaskannya, Pokja I yakni program penghayatan dan pengamalan Pancasila dan gotong royong. Untuk program ini, jelas Widya, kegiatannya berupa aktualisasi nilai-nilai empat konsensus dasar bagi masyarakat dan program kemitraan, pengembangan wawasan kebangsaan, serta Gotong Royong, seperti pengajian dan pemberian bantuan sembako kepada masyarakat yang terdampak Covid-19.

Pokja II adalah program pendidikan, keterampilan dan kehidupan berkoperasi. Untuk program kegiatan yang dilaksanakan yakni pembinaan PAUD inisisasi 0-3 tahun pada 3 posyandu binaan TP-PKK Provinsi Maluku, serta kunjungan kerja ke PAUD di sejumlah Kabupaten/Kota. Khusus untuk kehidupan berkoperasi, kegiatan yang dilaksanakan berupa sosialisasi UP2K PKK di Kabupaten/Kota.

img-1606737737.jpg

Bidang Pokja III, lanjut dia, adalah program pangan, sandang, papan dan tata laksana rumah tangga. Untuk program pangan, jelas Widya, kegiatan yang telah dilaksanakan berupa kebun percontohan PKK, hidroponik, pembagian alat pengolahan pangan lokal di sejumlah Kabupaten/Kota, juga pemberian bantuan dana stimulan untuk pemberdayaan pangan lokal di Kabupaten/Kota dan pemberian bantuan teknologi tepat guna ikan asap cair.

Sementara itu, pada bidang Pokja IV, yakni program kesehatan, kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat. Untuk program bidang kesehatan, lanjut Widya, dirinya sebagai Duta Parenting Maluku bekerjasama antara TP-PKK dengan Dinas Kesehatan Provinsi Maluku telah mengukuhkan Mama, Ina, Jinang, Asnib Renad dan Enang Parenting di 11 Kabupaten/Kota pada 19 Desember 2019. Tujuannya untuk memaksimalkan program potong pele stunting.

Masih kata Widya, untuk program kelestarian lingkungan hidup, TP-PKK Provinsi Maluku bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Maluku telah mengadakan kegiatan edukasi pengelolaan sampah kepada masyarakat.

Namun demikian, kata Widya, masih banyak program dan kegiatan yang belum dilaksanakan secara optimal, akibat dari adanya pandemi Covid-19.

Widya berharap, momentum Rakon ini dapat menjadi daya ungkit, guna meningkatkan kinerja para anggotanya di semua jenjang.

Pada kesempatan itu, Widya menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Maluku selaku Ketua Pembina TP-PKK Provinsi Maluku, serta seluruh OPD terkait yang merupakan anggota pembina.

"Sebagai mitra kerja, TP-PKK juga menyampaikan terimakasih kepada Bapak Bupati/Walikota selaku Pembina TP-PKK di tingkat Kabupaten/Kota atas semua bantuan dan kerjasama dalam mensukseskan Gerakan PKK di Provinsi Maluku," tandasnya.

Sementara itu, Gubernur Maluku selaku Pembina TP-PKK dalam sambutannya yang disampaikan Asisten I Setda Maluku, Franky Papilaya, mengucapkan terima kasih, dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran Tim Penggerak PKK, mulai dari tingkat Provinsi, maupun Kabupaten/Kota, yang sudah bekerja keras, membantu pemerintah daerah dalam program pembangunan, di segala bidang.

Mantan Dankor Brimob Polri ini juga menyambut baik kegiatan Rakon yang digelar tersebut. Dia juga berharap agar TP-PKK di setiap jenjang dapat membantu pemerintah dalam menangani Covid-19.

"Sebentar lagi kita akan melaksanakan proses vaksinasi Covid-19. Saya berharap kepada Tim Penggerak PKK, melalui dasawismanya untuk dapat terus mensosialisasikan pentingnya vaksin Covid-19, agar kita semua dapat terbebas dari penyebaran virus ini," tandas Gubernur (PM.007)


Komentar

Belum Ada Komentar