Pesan Gubernur Maluku Pada Pembukaan POPMAL Ke - IV
Kamis, 17 November 2022
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Pesan Gubernur Maluku Pada Pembukaan POPMAL Ke - IV

Ambon, Pelita Maluku.com - Perhelatan Pekan Olahraga Provinsi (POPMAL) IV resmi dibuka Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Letjen TNI (Purn) Marciano Norman, yang berlangsung di Tribun Lapangan Merdeka Ambon, Kamis (17/11/2022). 

POPMAL IV akan digelar di Kota Ambon 17-27 November dan sebanyak 17 Cabang Olahraga (Cabor) akan dipertandingkan, diantaranya atletik, basket, tinju, panahan, Tenis Meja, Karate, Sepeda, Futsal, Catur, Panjat Tebing, Kempo, Wushu, Sport, Volley dan Taekwondo.

Pembukaan ditandai dengan pemukulan tifa oleh Ketum KONI Pusat, Letjen TNI (Purn) Marciano Norman bersama Gubernur Murad Ismail selaku Ketua KONI Provinsi Maluku dan Forkopimda Maluku.

Dalam sambutannya Gubernur Maluku Murad Ismail menyampaikan beberapa pesan penting diantaranya : Pertama, kepada para wasit, juri, dan penyelenggara pertandingan, diminta untuk menegakan, keadilan dan kejujuran, serta berikan penilain secara objektif.

Kedua, para atlit, dapat menunjukkan sportifitas dan profesionalisme dalam bertanding.

Ketiga, para suporter dan pendukung, dapat menunjukkan sikap kebersamaan, dan menghindari perselisihan dan perkelahian.

Keempat, Bupati dan Walikota, diminta untuk terus melakukan pembinaan dan pengembangan olahraga, di daerahnya masing-masing, sebagai wujud keberlanjutan pengembangan olahraga di Maluku.

Kelima, pihak penyelenggara, dapat melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, untuk mencapai sukses dalam pelaksanaan, sukses prestasi, dan sukses administrasi. 

Pada kesempatan itu pula, Gubernur Maluku Atas nama Pemerintah Daerah Provinsi Maluku, menyampaikan Selamat Datang kepada Ketua Umum KONI pusat, Letjen TNI (Purn) Marciano Norman beserta rombongan di provinsi Maluku.

Sementara itu, Ketum KONI Pusat, Letjen TNI (Purn). Marciano Norman dalam pembukaan Popmal Maluku mengatakan, Maluku selama ini dikenal dengan atlit - atlit mereka di cabang olahraga tinju. Norman berharap, lewat Popmal ini akan lahir kembali atlet Maluku yang menjadi kebanggaan Indonesia.

“Saya berharap muncul Kembali atlet legenda Maluku seperti petinju legendaris dari Maluku. Olehnya itu, sengaja saya hadirkan Chris John ke Maluku sebagai motivasi bagi atlit tinju Maluku, dan akan muncul Kembali kebanggan Indonesia. Maluku harus Berjaya di olahraga baik olahraga layer dayung dan lainnya di tingkat nasional pada masa akan dating,” harap Norman.

Pemerintah Indonesia, kata Norman, melaksanakan PON adalah sasaran utama untuk ajang SEA Games, sehingga diharapkan atlet-atlet yang kemudian menjadi atlet nasional dapat lahir dari atelt-atlet daerah. 

“Bicara olahraga itu kita bicara Merah Putih. Olahraga itu pemersatu bangsa. Oleh karena itu, mari kita tingkatkan persatuan dan kesatuan melalui event-event olahraga,” tandas Norman. 

Pembukaan POPMAL ke-IV diwarnai berbagai atraksi seperti marching band dan parade defile kontingen masing-masing kabupaten/kota juga di ikuti dengan antusias oleh seluruh atlet. 

Obor sebagai tanda dimulainya POPMAL dinyalakan Vera Melisa Hetaria, atlit asal Kota Ambon dan Moh. Yamin Rahayaan, atlit kejuaraan Kempo asal Kabupaten Seram Bagian Barat. 

Pembukaan POPMAL ke-IV dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan (Forkopimda) Provinsi Maluku, para bupati/walikota serta Forkopimda kabaupaten/kota se-Maluku. (PM.007)

Komentar

Belum Ada Komentar