Antisipasi Serangan Hecker, OPD Maluku Dilatih IT
Rabu, 20 Maret 2019
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Antisipasi Serangan Hecker, OPD Maluku Dilatih IT


Ambon, Pelita Maluku.com - Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku, diberikan pelatihan Informasi Teknologi (IT) Security dan Assesment, agar dapat mengantisipasi serangan hacker pada situs-situs resmi milik Pemprov Maluku yang akan dihadapi kedepan. 

Kegiatan sosialisasi ini diselenggarakan pada Aula Diskominfo dan Persandian Provinsi Maluku, Rabu (20/3). Plh Gubernur Maluku Hamin Bin Thahir. 

Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Diskominfo dan Persandian Provinsi Maluku dr. Frona Koedoboen, mengatakan, dengan perkembangan teknologi digitalisasi, domain website.go.id menjadi favorite para hacker untuk menunjukkan kemampuan dalam menjebol sistem keamanan suatu apllikasi berbasis web. 

Hal ini dengan mudah dilihat di web www.defacer.id sebagai tempat para hacker berusaha untuk menyerang data digital diberbagai bidang. Dengan tingginya resiko serangan siber, Pemprov Maluku tetap mendorong serta memberikan perhatian serius terhadap resiko yang ditimbulkan oleh serangan para hacker melalui siber ini. 

Untuk itu, maka Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) akan memberikan saran dan rekomendasi terkait pengamanan yang perlu diperbaiki dan ditambah untuk meminimalisir celah kerawanan yang terdapat pada semua sistem informasi, serta menghasilkan kesepakatan penting dan strategis terkait pengamanan sistem informasi, sekaligus menjadikan pedoman dalam melaksanakan tugas untuk menjawab tantangan era digitalisasi yang pesat perkembangannya.

Lebih lanjut dikatakan, mengingat banyaknya sorotan dan menjadi terget dalam serangan siber yang terjadi kapan saja, bahkan mungin data digital pemerintah menjadi targetnya yang mengakibatkan reputasi pemerintah menjadi buruk. 

Oleh karena itu, melalui kegiatan sosaliasi ini, diharapkan adanya agar kerjasama antar BSSN dengan instansi pemerintah yang bergerak dibidang pengamanan informatika untuk melakukan sosialisasi IT Security Assesment pada aplikasi yang dimiliki oleh OPD lingkup Pemprov Maluku.

"Jadi, melalui sosialisasi IT Security dan Assesment ini, hendaknya menghasilkan kesepakatan penting dan strategis terkait pengamanan sistem informatika, sekaligus dijadikan pedoman dalam melaksanakan tugas untuk menjawab tantangan di era digitalisasi yang pesat perkembanganya."tuturnya. 

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Zahruddin Latuconsina, mengatakan tujuan pelaksanaan kegiatan ini dilakukan untuk memperoleh pemahaman atas pentingnya IT Security Assesment pada setiap organisasi terkhusnya ASN dilingkup Pemprov Maluku dan Pemerintah Kabupaten/Kota, dalam melakukan aktivitas pekerjaan sehari-hari sebagai pengelola web/portal di instansi masing-masing. 

Untuk itu, maka kegiatan sosialisasi ini melibatkan 50 orang yang berasal dari perwakilan OPD lingkup Pemprov Maluku dan Diskominfo Kabupaten/Kota. (PM.03)


Komentar

Belum Ada Komentar