Gubernur Maluku Sampaikan  Lima Instruksi Bagi Pimpinan Tinggi Pratama Pemprov Maluku
Jum'at, 30 Juli 2021
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Gubernur Maluku Sampaikan Lima Instruksi Bagi Pimpinan Tinggi Pratama Pemprov Maluku

Ambon, Pelita Maluku.com - Dalam rangka percepatan pembangunan di Provinsi Maluku, Gubernur Maluku, Irjen Pol (Purn) Drs Murad Ismail dan Wagub Barnabas Orno, menggelar Rapat Pimpinan (Rapim) jajaran Pemerintah Provinsi Maluku, Jumat (30/07/2021) di kediaman Walela.

Kadis Kominfo Maluku, Semmy Huwae dalam rilisnya Jumat (30/07/21) mengungkapkan, rapat yang diawali dengan pengantar kata PLH Sekda Maluku, Ir, Sadli Ie, bertujuan untuk penguatan kapasitas pimpinan agar tetap selaras serasi dan seimbang dalam memahami dinamika tugasnya.

Untuk itu, para pimpinan diharapkan tetap fokus dan concern. "Gubernur tadi mengingatkan hal ini sebab pemerintahannya telah masuk tahun ke III, sehingga harus ada apresiasi dan atensi dari setiap Pimpinan (OPD) ujar Huwae. Dalam pertemuan yang berlangsung 2 jam itu, Gubernur Maluku telah mengeluarkan lima instruksi untuk segera dijalankan oleh setiap Pimpinan tinggi Pratama lingkup Provinsi Maluku.

pertama,  berdasarkan evaluasi terhadap realisasi anggaran sampai dengan triwulan III tahun 2021 dirasa belum optimal, yaitu baru mencapai 48,11 persen dari total anggaran tahun 2021.

"Saya tegaskan kepada saudara-saudara agar pelaksanaan setiap program dan kegiatan harus ada dampaknya bagi masyarakat ." harap Gubernur .

kedua, saat ini kita masih dihadapkan dengan pandemi covid-19, dan cuaca ekstrim yang berpotensi menimbulkan bencana alam, seperti banjir dan tanah longsor. 

"Menyikapi kondisi tersebut, saya perintahkan kepada saudara-saudara bekerja cepat, bekerja keras dan bekerja tuntas, dalam penanganan covid-19 maupun antisipasi terhadap terjadinya  bencana alam. Segera realisasikan dana-dana penanganan covid-19, juga dana-dana insentif bagi tenaga kesehatan, laporkan hasilnya secara berkala termasuk hambatan yang dihadapi di lapangan, agar dapat dicarikan solusinya. Selama ini saya tidak pernah dilaporkan," akui mantan Kakor Brimob Mabes Polri itu.

Ketiga, berdasarkan hasil evaluasi, terhadap indeks inovasi daerah, Maluku masih termasuk kategori dengan inovasi rendah. Oleh sebab itu, Gubernur mengharapkan masing-masing OPD menciptakan minimal 1 inovasi bagi percepatan pembangunan daerah dan kemaslahatan masyarakat. 

"Apa yang saya instruksikan ini agar benar-benar diwujudkan dalam tahun ini. Saya akan melakukan evaluasi terhadap pelaksanaannya," tegas Gubernur

Empat, sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), apalagi sebagai pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, saudara-saudara memiliki tanggung jawab untuk menjaga Marwah Pemerintahan. Untuk itu, kata Gubernur, perlu membangun penciptaan opini publik. Jika ada isu yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi, diharapkan ada kepedulian dan lakukan klarifikasi secara langsung agar isu itu tidak menjadi bias dan mendeskreditkan pemerintah daerah. Selanjutnya, ia berpesan agar setiap OPD melakukan pengendalian terhadap ASN yang dipimpinnya sehingga mereka dapat bekerja dan bertugas sesuai etika, kode etik, dan kode perilaku ASN. Serta tidak terlibat dalam postingan-postingan media sosial yang tidak dapat di pertanggung jawabkan kebenarannya.

kelima :  dalam waktu dekat, BPK Perwakilan Maluku, akan melakukan pemeriksaan pendahuluan, masalah vaksinasi serta pendidikan dan pelatihan Vokasi. 

"Saya ingatkan unit-unit kerja (satgas covid-19, Dinas Pendidikan dan Kesehatan), yang menjadi objek pemeriksaan, harus memberikan dukungan, baik informasi maupun dokumentasi, yang didampingi oleh Inspektorat Provinsi." terang mantan kapolda Maluku ini. (PM.007)

Komentar

Belum Ada Komentar