Inpex Terus Konsen Pemberdayaan Masyarakat Tanimbar
Rabu, 18 Agustus 2021
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Inpex Terus Konsen Pemberdayaan Masyarakat Tanimbar

Saumlaki, Pelita Maluku.com - Meskipun Inpex belum melaksanakan operasi Blok Masela, namun perhatian serta kepedulian Inpex terhadap masyarakat lingkungan sekitarnya terutama di daerah - daerah yang terkena dampak langsung begitu besar.

Kesemuanya itu dibuktikan lewat berbagai program - program sosial terpadu atau Integrated Social Program, Community development, program - program pendukung operasi dan juga program CSR Corporate social Responsibility atau tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat.

Menurut Donny Rijaluddin, Specialist Social Investment INPEX Masela Ltd, saat di confirmasi media ini, terkait  program Pengembangan Masyarakat, (PPM) menjelaskan bahwa, Program Pengembangan Masyarakat (PPM) sebenarnya  telah dilakukan sejak 2011 atau jauh sebelum INPEX melakukan aktivitas operasional migas yang berarti di Bumi Duan Lolat. 

Program PPM Lanjut Rijaluddin mencakup sejumlah bidang, antara lain di bidang pendidikan, pemberdayaan ekonomi, kesehatan, lingkungan dan bencana alam.

img-1629275154.jpg

Secara umum, sejak tahun 2011 ada 23 jenis program yg telah kita lakukan. Antara lain yang mungkin cukup familiar yakni program beasiswa INPEX  dan pelatihan bahasa inggris untuk pendidikan, program penanaman pohon untuk lingkungan, program PHBS dan perbaikan gizi untuk kesehatan serta program pelatihan tenun ikat Tanimbar, pertanian organik dan rumput laut untuk pemberdayaan ekonomi.

"Manfaat yang didapatkan dari program PPM yang INPEX lakukan tentunya sangat banyak. Antara lain dan merupakan salah satu yang terpenting yakni adalah sebagai modal dasar masyarakat dalam mencapai kemandirian yang didapat melalui program-progran dari INPEX yang sifatnya berkanjutan demi terwujudnya kesejahteraan. Sehingga cita - cita INPEX agar dapat tumbuh dan berkembang bersama dengan masyarakat mudah mudahan dapat terwujud," ungkapnya

Disamping itu Lorenz Weridity, salah satu pemerhati asal Tanimbar, menjelaskan, semenjak kegiatan Explorasi dan Pengeboran ( drilling)  di blok masela sampai tahap pra konstruksi hingga sekarang ini, Perusahaan Inpex begitu serius dan berkomitmen dengan tanggung jawab sosial perusahaannya kepada masyarakat tanimbar yang muaranya adalah pemberdayaan masyarakat setempat. 

Semuanya itu di buktikan dengan Implementasi program -program sosial terpadunya ( Integrated social Program) dan juga yang kita kenal dengan Corporate social Responsibility atau Tanggung jawab social Perusahaan yang merupakan kewajiban moral perusahaan atas dampak dari keputusan dan aktivitas yang dilakukan. 

"Walaupun Inpex belum beroperasi namun Inpex sangat peduli dengan masyarakat setempat disekitar wilayah operasinya dan selalu berkontribusi bagi masyarakat lokal Tanimbar melalui tanggung jawab sosialnya seperti di bidang pendidikan, kesehatan, pengentasan kemiskinan, lingkungan hidup, pemberdayaan usaha kecil dan menengah UMKM, sehingga mampu dan punya akses dalam kegiatan ekonomi sekaligus terlibat langsung dalam mata rantai pasokan sehingga dapat memberikan manfaat ekonomi, sosial, dan lingkungan bagi masyarakat tanimbar untuk menjadi berdaya, mandiri dan tidak lagi  ketergantungan," ungkapnya

Selain itu lanjut Lorenz Weridity, perusahaan Inpex sangat menjaga dan melindungi masyarakat Tanimbar dan lingkungannya terhadap dampak baik dan buruk dari kehadiran perusahaan dengan semaksimal mungkin, mengimplementasikan program - program CSR dalam upaya pemberdayaan masyarakat lokal Tanimbar yang terus berjalan secara berkelanjutan sehingga program pembangunan yang berkelanjutan Sustainable Development Goals ( SDG), program program CSR,  modal social dan kelanjutan perusahan dapat berjalan dengan baik dan lancar di Tanah Tanimbar Bumi Duan Lolat. 

Program - program unggulan Inpex tersebut bertujuan untuk penguatan masyarakat lokal Tanimbar, adanya keterlibatan dan peran aktif/partisipasi aktif masyarakat  Tanimbar, pemberdayaan dan kemandirian. Sehingga terciptalah manusia manusia Tanimbar masa sekarang dan masa yang akan datang yang maju mandiri dan bermartabat di atas Tanah Tanimbar. 

Olehnya itu di perlukan sinergitas dalam membangun hubungan relasi yang bagus dengan masyarakat adat Tanimbar ( Local Community)  serta berbagai stakeholders dalam peningkatan citra dan keberlanjutan perusahan Ibarat Berlian yang tetap bersinar kemana dan di mana dia berada. 

Loresnz pun mengajak masyarakat tanimbar untuk memberikan support penuh kepada Inpex Corporation Blok Masela LNG abadi di Tanah Tanimbar karena akan sangat memberikan dampak yang sangat signifikan bagi kesejahteraan masyarakat adat Tanimbar.(Gilang)

Komentar

Belum Ada Komentar