Wagub Lantik Pejabat Eselon III dan IV Fungsional Lingkup Pemprov Maluku
Selasa, 01 Juni 2021
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Wagub Lantik Pejabat Eselon III dan IV Fungsional Lingkup Pemprov Maluku

Ambon, Pelita Maluku.com - Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno, melantik 36 pejabat di lingkup Pemerintah Provinsi Maluku.

36 pejabat itu terdiri dari,  Eselon 4 sebanyak 13 orang, Eselon 3 berjumlah 7 orang dan Fungsional sebanyak 13 orang. 

Proses pengambilan sumpah/janji jabatan pejabat administrator, pengawas dan fungsional, yang berlangsung di lantai VII kantor Gubernur Maluku, pada Senin,(31/05/2021), sesuai Keputusan Gubernur Maluku Nomor 821.2/06 Tahun 2021 tanggal 1 Februari 2021, Nomor 821.2/83 Tahun 2021 tanggal 1 April 2021 dan Nomor 247-248 Tahun 2021 tanggal 28 Mei 2021, yang berlangsung di lantai 7 Kantor Gubernur, Senin, (31/5/2021). 

Wakil Gubernur saat menyampaikan sambutan Gubernur Maluku mengatakan, pelantikan pejabat di lingkup Pemerintah Provinsi Maluku tidak hanya diletakan dalam konteks sebagai bagian dari penataan birokrasi, tetapi juga sebagai upaya untuk mendorong kinerja pemerintah daerah. 

Atas dasar itu, struktur birokrasi Pemprov Maluku harus didudukan secara ideal, dan di isi oleh orang-orang yang tepat, memiliki integritas, kapasitas kuat dan profesional sehingga dapat menjadi mesin penggerak roda pemerintahan yang efektif. 

"Sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas, saya ingin menegaskan, sekaligus menginstruksikan beberapa hal strategis kepada saudara-saudara," katanya.

Untuk itu dalam kesempatan tersebut Wagub menyampaikan instruksi strategis Gubernur Maluku diantaranya, Pertama. memasuki triwulan dua tahun anggaran 2021, para pejabat yang baru dilantik dapat segera beradaptasi dengan lingkungan kerja dan jabatan baru, serta melakukan langkah percepatan pelaksanaan program dan kegiatan yang telah ditetapkan, dalam APBD agar dampaknya bisa dirasakan masyarakat. 

Kedua. Guna mendukung kebijakan pemerintah dalam penanganan Covid-19, para pejabat dapat memberikan dukungan penuh terutama terhadap kebijakan dan program vaksinasi. Dan mewajibkan kepada seluruh jajaran birokrasi untuk mengikuti program vaksinas agar dapat menjadi contoh bagi masyarakat. 

Ketiga. memasuki revolusi industri jilid ke-4 dengan tantangan kompetisi dan perubahan dunia yang sangat cepat, maka untuk menjawab tantangan tersebut, kuncinya adalah kecepatan kreativitas. 

Olehnya itu itu, diperlukan  keberanian dalam mengambil jalan perubahan, melakukan reformasi dan meninggalkan pola pikir lama.

Keempat. menjaga integritas sebagai pejabat publik, dan pegang teguh sumpah/janji serta harga diri dari segala bentuk praktek korupsi kolusi dan nepotisme. 

Di akhir sambutannya, Wagub juga mengingatkan, bahwa jabatan adalah kepercayaan sekaligus amanah. Karena itu, setiap jabatan harus dapat dipertanggung jawabkan bukan saja kepada pemerintah, negara dan masyarakat, tetapi yang lebih penting adalah mempertanggungjawabkan kepada Allah SWT, Tuhan yang Maha Kuasa. 

"Akhirnya saya mengucapkan selamat bertugas dan selamat berkarya bagi para pejabat Administrator, Pengawas dan Fungsional yang baru dilantik. Semoga Tuhan selalu meridhoi kita dalam tugas dan pengabdian bagi bangsa, negara dan provinsi Maluku," tutup Wagub. 

Untuk diketahui, di pelantikan tersebut, hadir Sekretaris Daerah Maluku Kasrul Selang, Kepala BKD Jasmono, Asisten III Bidang Administrasi Umum Habiba Saimima, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Roy Siauta dan Kepala Dinas Perpustakaana dan Kearsipan Danny Indey. (PM.007).


Komentar

Belum Ada Komentar