MUSEUM SIWALIMA GELAR FESTIVAL MUSIK DAERAH DI ULTAH KE -49
Selasa, 08 November 2022
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

MUSEUM SIWALIMA GELAR FESTIVAL MUSIK DAERAH DI ULTAH KE -49

Ambon, Pelita Maluku.com - Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, Wilco Hukom memberikan apresiasi yang besar kepada Museum Siwalima, yang pada hari ini Selasa, (08/11/2022), menggelar Festival Musik Daerah bersamaan dengan Hari Ulang Tahun Museum Siwalima yang ke - 49.

Menurutnya, Festival Musik Daerah Maluku tahun 2022 dan HUT ke - 49 Museum Siwalima Provinsi Maluku yang mengangkat Tema " Mencintai Museum Siwalima Melalui Musik Daerah Maluku ", memiliki arti yang begitu besar bahwa musik daerah mempunyai peranan historis yang penting dalam perkembangan kemajuan musik suatu bangsa. Dan Museum Siwalima sendiri turut andil dalam rangka pemajuan kebudayaan musik daerah terkhususnya musik daerah Maluku.

Dijelaskan Hukom, dari 5300 koleksi yang dimiliki museum, terdapat berbagai macam alat musik tradisional yang masih disimpan, dirawat serta dipublikasikan kepada masyarakat dan generasi muda Maluku, sehingga lanjut Hukom, diperlukan kerjasama antara pemerintah dalam hal ini Museum dengan masyarakat ( seniman, sanggar sanggar seni) guna melestarikan musik daerah Maluku, salah satunya melalui kegiatan festival musik yang diselenggarakan oleh museum Siwalima provinsi Maluku.

Diungkapkan Hukom, kehadiran Museum Siwalima memiliki arti penting bagi masyarakat, selain Museum mempromosikan keberagaman identitas melalui presentasi warisan, Museum bahkan memperkuat sensilibitas, sosial, berkontribusi terhadap perubahan sosial yang lebih baik dan mengangkat isu yang sangat relevan dengan masa kini, membahas multikulturalisme, musik, lingkungan, kesehatan dan isu sejarah sosial lainnya.

Selain itu Museum juga berperan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Dalam konteks yang luas, museum membangun ketangguhan bangsa, sejalan dengan pembukaan kegiatan festival musik daerah Maluku yang di buka hari ini di museum Siwalima menjadi moment peringatan hari museum Indonesia ke - enam dan hari ulang tahun museum Siwalima ke 49 untuk memotivasi generasi milineal untuk tidak terlena dan kemudian tertidur dengan berbagai tawaran kemudahan akibat kemajuan teknologi, tetapi bisa memanfaatkan kesempatan yang ada untuk melakukan kegiatan berkualitas demi pengembangan dirinya sendiri.

Ditempat yang sama Sementara Kepala Museum Siwalima Provinsi Maluku Darwin Lawalata mengatakan, festival musik daerah dan hari ulang tahun museum Siwalima tahun 2022 memiliki tugas untuk menyebarluaskan informasi benda sejarah dari berbagai ragam bentuk warisan budaya Nusantara dengan memanfaatkan koleksi museum Siwalima dalam berbagai bentuk Kegiatan dan salah satunya adalah kegiatan festival musik daerah. 

Kegiatan ini dimaksud Lawalatta, untuk memotivasi generasi muda lebih mencintai musik daerah dengan terus berkarya mengembangkan bakat dan melestarikan musik daerah Maluku.

Kegiatan festival Musik daerah tahun 2022 jelas Lawalatta, di ikuti oleh 11 sanggar yang ada di kota Ambon.

Ditambahkan Lawalata, museum merupakan lembaga meyimpan, merawat benda benda koleksi, tatapi dengan adanya perubahan undang undang nomor 5 tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan, menuntut kita semua untuk mengembangkan kebudayaan terutama museum kedepan, dan itulah salah satu pasal 5 tuntutan yang harus kita mengintegrasi dan membuat satu perubahan sehingga bagaimana museum ini akan maju dengan adanya undang undang nomor 5," ujar Lawalatta (onsal)







Komentar

Belum Ada Komentar