Gubernur Serahkan Hewan Kurban Presiden dan Miliknya di Hari Raya Idul Adha
Kamis, 07 Juli 2022
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Gubernur Serahkan Hewan Kurban Presiden dan Miliknya di Hari Raya Idul Adha

Ambon, Pelita Maluku.com - Gubernur Maluku Irjen Pol. (Purn) Murad Ismail menyerahkan, sapi kurban dari Presiden RI Joko Widodo, dan Sapi Korban dari Pemerintah Provinsi Maluku serta sapi kurban dari Gubernur secara pribadi untuk di kurbankan pada Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah kepada masyarakat.

Penyerahan hewan kurban tersebut dilakuka di Masjid Raya Alfatah, Kota Ambon, pada Kamis (07/7/2022).

Sapi Kurban bantuan Presiden berjenis Ongole dengan bobot 850 kg, 105 ekor sapi kurban lokal yang memiliki berat 90-100 serta 51 ekor kambing milik Pemerintah Provinsi Maluku diserahkan kepada Masjid Raya Alfatah Ambon yang diterima langsung Imam Masjid Raya H.R. Hasanusi.

Pada kesempatan itu, Gubernur juga menyerahkan sapi kurban jenis Limousin dengan berat 800 kg miliknya kepada perwakilan panitia kurban Masjid Hasan Soleman, Negeri Hila. Ia juga menyarajhkan 30 ekor sapi dan 30 ekor kambing milik Pemerintah kota Ambon di halaman Masjid Raya Al-Fatah kepada masyarakat Kota Ambon.

Dalam sambutannya Gubernur mengatakan, hakikat penyembelihan hewan kurban adalah untuk mengenang suatu peristiwa iman yang terjadi pada Nabi Ibrahim dan putranya Nabi Ismail.  

img-1657201289.jpg

Menurutnya, Ibadah kurban, tidak hanya sekedar untuk memenuhi kebutuhan konsumsi tetapi mengandung hikmah dan makna dalam kehidupan. 

Esensinya, kata Gubernur, adalah memberi, berbagi dan meneladani keikhlasan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail.

"Untuk itu, Umat Islam diharapkan dapat mengikuti jejak Nabi Ibrahim dan putranya Nabi Ismail yang dengan penuh keikhlasan lahir batin, mampu mengorbankan sesuatu yang sangat dicintai untuk memenuhi perintah Allah SWT. Jadilah sosok Nabi Ismail yang berani berkorban karena keteguhan iman dan baktinya kepada kedua orang tua," ajak Gubernur.

Ia menjelaskan, telah dianjurkan kepada umat Islam yang mempunyai kesanggupan menyembelih hewan kurban, untuk dilaksanakan tanpa ragu-ragu, tulus serta ikhlas sebagai sarana untuk membersihkan dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

"Penyembelihan hewan kurban di samping menunaikan syariat agama Islam juga memberikan pesan moral kepada golongan fakir miskin," jelasnya. 

Hal tersebut, sambung Gubernur, merupakan salah satu upaya untuk menghilangkan jurang pemisah antara kaya dan miskin, sehingga keduanya diharapkan bisa hidup berdampingan saling tolong menolong dengan penuh kedamaian.

Melalui momen berkurban ini, Gubermur berharap, semakin meningkatkan kualitas keikhlasan yang lebih baik di kalangan kaum muslimin/muslimat dalam menjalankan perintah Allah SWT.

Penyerahan hewan qurban ini turut di hadiri, Ketua DPRD Maluku, Lucky Wattimury, Pj. Sekda Maluku Sadali Ie, Kakanwil Kemenag Maluku H. Yamin, Karo Kesra Setda Maluku, Haji Muhammad, dan sejumlah pimpinan OPD lingkup pemerintah provinsi Maluku. (PM.007).





 

 

Komentar

Belum Ada Komentar