Nakal
Senin, 09 Agustus 2021
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Nakal" Atur Tender Proyek di Kemenag Maluku, Kakanwil Didesak Pecat NM dari Pokja

Ambon, Pelita Maluku.com - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku, Jamaludin Bugis, didesak untuk segera mengevaluasi kinerja, sekaligus memecat NM dari kelompok kerja (Pokja). 

NM diduga kuat "nakal" dalam mengatur beberapa paket proyek yang ditenderkan.

Berdasarkan informasi  yang diperoleh, NM senang sekali bermain curang dalam beberapa proses tender proyek milik Kemenag Maluku. 

" Untuk itu demi kelancaran proses pembangunan di Maluku, kami minta Kakanwil Jamaludin Bugis segera evaluasi kinerja NM, dan kalau bisa dipecat saja," tandas Ketua Lingkaran Pembangunan Maluku (LPM) Baharudin Talib, kepada media di Ambon, Senin, 9 Agustus 2021.

Dijelaskan Thalib, beberapa paket proyek di Kemenag Agama Maluku diduga bermasalah akibat ada kecurangan yang sengaja dimainkan doknum Pokja berinisial NM. Diantaranya Proyek Pembangunan Gedung Auditorium IAIN Ambon.

"Dalam proses tender paket proyek ini bermasalah karena diduga ada permainan NM selaku ketua Pokja," jelas Talib.

Tender bermasalah, lanjut Talib, juga terjadi pada proses tender paket proyek pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 2 Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) yang sudah dilakukan klarifikasi dokumen serta pembuktikan oleh ketua Pokja. 

"Namun keesokan harinya dibatalkan secara sepihak oleh NM selaku Sekretaris Pokja. Fatalnya, NM mengundang satu perusahaan lagi untuk melaksanakan klarifikasi kemudian ditetapkan sebagai pemenang tender oleh NM," ungkap Talib.

Perbuatan NM Lanjut Thalib,  bisa jadi sudah ada kongkalikong dengan perusahaan-perusahaan yang dimenangkan.

Olehnya guna menghindari adanya praktek praktek kecurangan dan sebagaimana, maka NM seharusnya dipecat dari lembaganya, agar tidak menjadi presedent buruk terhadap institusi Kemenag Agama Maluku," tambahnya. (PM.007)

Komentar

Belum Ada Komentar