PERINGATI MAULID NABI, WIDYA BUKA LOMBA BACA SYARAFAL AN'AM-ASMAUL HUSNA, CERDAS CERMAT DAN HIFZIL QUR'AN
Rabu, 20 Oktober 2021
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

PERINGATI MAULID NABI, WIDYA BUKA LOMBA BACA SYARAFAL AN'AM-ASMAUL HUSNA, CERDAS CERMAT DAN HIFZIL QUR'AN

Ambon, Pelita Maluku.com - Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 Hijriah Tahun 2021, Majelis Taklim (MT) Nur Asiah Provinsi Maluku menggelar lomba baca Syarafal An'am, Asmaul Husna, lomba cerdas cermat serta lomba Hifzil Qur'an. Lomba yang dibuka secara resmi oleh Ketua MT Nur Asiah Provinsi Maluku, Widya Pratiwi Murad Ismail, dipusatkan di Gedung Islamic Center, Rabu (20/10/2021).

Lomba baca Syarafal An'am dan Asmaul Husna digagas oleh MT Nur Asiah Provinsi Maluku ini di ikuti ibu-ibu majelis taklim,  lomba cerdas cermat tingkat SMP/sederajat serta lomba Hifzil Qur'an tingkat SD/sederajat di ikuti anak dan remaja yang ada di Kota Ambon.

Turut hadir dalam acara Pembukaan Lomba, Plh. Sekertaris Daerah Provinsi Maluku, Sadali Ie, Kakanwil Kementerian Agama Provinsi  Maluku, Djamaluddin Bugis,  sejumlah Pimpinan OPD lingkup Pemerintah Provinsi Maluku, Pimpinan Umat Beragama, Pemuka Agama, Tokoh Masyarakat, serta Ibu-ibu Majelis Taklim Se-Kota Ambon.

Ketua MT Nur Asiah Provinsi Maluku, Widya Pratiwi Murad Ismail menuturkan, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang diselenggarakan di berbagai tempat di tanah air, dari tingkat kampung, negeri, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi hingga tingkat nasional adalah sebuah tradisi beragama yang baik. 

"Saya menyebutnya demikian, karena peringatan atau perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW adalah sebuah upaya umat Islam untuk menciptakan dan menghadirkan momentum yang baik, rutin dan memungkinkan untuk selalu bercermin, mawas diri dan menata kehidupan agar benar-benar bermakna kepada sesama, baik sesama muslim, sesama umat beragama, dan pemerintah," ungkap Widya.

Oleh sebab itu, isteri Gubernur Maluku ini, sangat mengapresiasi lomba yang digelar dalam rangka peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, sebagai bagian dari upaya pembentukan karakter umat Islam sesuai sikap dan keteladanan Nabi Muhammad SAW.

Dalam sebuah hadits, sebut Widya, Nabi Muhammad SAW bersabda: “Sesungguhnya aku diutus untuk melakukan perbaikan-perbaikan budi pekerti”.

Misi kenabian ini, menurutnya, sangat relevan dengan kondisi  saat ini, dimana problem kemanusiaan di berbagai sektor kehidupan mengalami krisis, tidak bisa disangkal dan diakui mengakar pada persoalan budi pekerti atau mentalitas.

Persoalan-persoalan seperti korupsi, narkoba, kriminalitas, kerusakan lingkungan, ketidakadilan sosial, diskriminasi, intoleransi dan kekerasan misalnya, kata Widya, semuanya disebabkan oleh keroposnya kondisi budi pekerti dan mentalitas.

Masih kata Widya, dalam Sarafal An’am, Nabi Muhammad SAW,  digambarkan sebagai pribadi yang sederhana, amanah, jujur, selalu berkata benar, penuh kasih sayang, suka menolong yang lemah, adil, bijaksana dan seterusnya. 

Oleh sebab itu, dirinya berharap, lomba ini tidak sekadar dijadikan sebagai momen seremonial, ajang untuk memamerkan kemampuan dan keterampilan  belaka. Akan tetapi, lomba ini bisa menjadi momentum bagi seluruh peserta lomba untuk memaknai dan menghayati pesan-pesan penuh hikmah dan kebijaksanaan di balik setiap mata lomba  tersebut.

"Mari kita lantunkan Salawat dan Salam kepada Nabi Muhammad SAW. Teladanilah jejak-jejak kehidupan Nabi yang agung ini. syiarkanlah Islam yang Rahmatan Lil ‘Alamin. Pasti Maluku dan bangsa ini akan maju dan sejahtera, " tandas Widya (PM.007)


Komentar

Belum Ada Komentar