Selang : Belum Ada Hasil Swab, 1 PDP Meninggal Dunia Belum Disebut Pasien Covid-19
Jum'at, 01 Mei 2020
PELITA MALUKU.COM
Bagikan

Selang : Belum Ada Hasil Swab, 1 PDP Meninggal Dunia Belum Disebut Pasien Covid-19

Ambon, Pelita Maluku.com – Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, akhirnya angkat bicara, sehubungan dengan 1 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) asal Kota Ambon berinisial MA (35) tahun, yang dikabarkan positif terjangkit Covid-19 dan akhirnya meninggal dunia.

Dalam keterangan pers yang disampaikan Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Maluku Kasrul Selang menjelaskan, Tim Gugus Tugas Covid-19 Maluku tidak pernah menyatakan, Almarhum meninggal dunia karena positif Covid -19, sebelum ada hasil pemeriksaan swap. Meskipun berdasarkan hasil Rapid test, pasien tersebut menunjukkan reaktif (Positif) Corona.

"Pasien datang ke RSUD Haulussy Jumat (30/4/2020) masuk pukul 18.15 Wit dengan keluhan batuk, disertai sesak nafas. Setelah diperiksa, ia memiliki penyakit penyerta berupa TBC. dan rapid hasilnya adalah reaktif (positif rapid), namun belum dilakukan pemeriksaan swap, Almarhum telah meninggal dunia," jelas Kasrul. Kepada wartawan dilantai VI Kantor Gubernur Maluku Jumat (01/04/2020)

Olehnya Lanjut Selang, guna membuktikan kebenaran kondisi yang dialami Almarhum, tim medis telah melakukan swab melalui hidung dan hasil swab tersebut telah di kirim ke Jakarta.

Bila hasil Swab yang dikirim ke Laboratorium Kementerian membuktikan bahwa Almahum positif terjangkit Covid-19, maka sudah sesuai dengan prosedur maka pihak keluarga juga akan di tracking, guna memutus penyebaran Virus Corona.

“jadi kita butuh 4 hari lagi hasil pemeriksaan  dari jakarta, kalau sudah ada akan disampaikan kepada teman-teman semua,” ujar Selang

Untuk itu Kasrul menghimbau, media untuk mengedukasi kepada masyarakat, bahwa proses pemakaman terhadap almarhum di Dusun Taeno sudah sesuai protokoler maupun prosedur,” Ungkap Selang, 

Untuk di ketahui berdasarkan data yang diperoleh dari Tim Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Maluku, Hingga hari ini terdapat 16 orang PDP, 60 orang ODP, 23 orang terkonfirmasi, 12 orang sembuh. Sementara 1 PDP yang meninggal hari ini menurut rapid test reaktif dan masih menunggu hasil swab test.(PM.007)

Komentar

Belum Ada Komentar